Piala Dunia 2018

Laga Semifinal Inggris, Penantian Panjang Selama 28 Tahun

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 11 Juli 2018
Laga Semifinal Inggris, Penantian Panjang Selama 28 Tahun
Selebrasi Frank Lampard usai membantai Kroasia. (Sumber: gettyimages.com)

SEJAK 1966, Inggris tak lagi mampu menunjukkan taringnya sebagai One Stop Football. Namun, pada Piala Dunia 1990 Italia, merupakan laga pertama semifinal Inggris di ajang empat tahunan itu. Kendati pada saat itu Inggris kalah lewat adu penalti 3-4 dari Jerman Barat.

Sedangkan dalam perebutan tempat ketiga, Inggris dikalahkan tuan rumah Italia 1-2. Perjuangan Inggris di Piala Dunia 1990 Italia berakhir di posisi ke-4.

Usai Piala Dunia 1990 The Three Lions seolah menjauhi tropi bergengsi tersebut. Inggris seperti kehilangan arwah dan semangat sepak bola. Tak lagi menjadi negara Eropa yang ditakuti.

Namun, semua mitos itu perlahan memudar. Pada Piala Dunia 2018, Kane dkk membuktikan tajinya. Mereka berhasil lolos ke semifinal setelah mengalahkan Swedia dengan skor 2-0 di Samara Arena, Rusia, Sabtu (7/7).

Dalam laga tersebut, gol pertama Inggris dicetak lewat sundulan Harry Maguire pada menit ke-30', memanfaatkan tendangan pojok Ashley Young. Skor 1-0 tak berubah hingga turun minum.

Babak kedua baru berjalan 14 menit, The Three Lions kembali memperlebar keunggulan. Kali ini sundulan Dele Alli membuat Inggris menjauh dari Swedia. Alli memanfaatkan umpan silang yang dilakukan Jesse Lingard.

Kemenangan tersebut membawa The Three Lions melaju ke babak semifinal, bertemu rival abadi mereka, Kroasia.

Seperti diketahui, sejak 2010 kedua negara ini telah bertanding sebanyak lima kali. Berdasarkan catatan sejarah, Inggris menang atas Kroasia sebanyak tiga kali. Sedangkan Kroasia hanya mampu menang dua kali.

Baik The Three Lions maupun The Blazers tentu bakal menorehkan sejarah baru. Namun, apakah mampu Inggris mengalahkan Kroasia yang sejak kualifikasi Piala Dunia 2018 belum terkalahkan ini?

Mampukah Inggris mengapus 'kutukan' itu selama 28 tahun? Atau sebaliknya, Kroasia membuat sejarah baru dengan berhasil melaju ke babak final.

#Piala Dunia 2018 #Timnas Inggris #Timnas Kroasia
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan