Label Busana Batik Kekinian yang Meramu Tradisional dalam Kemasan Modern Batik yang dimodifikasi menjadi lebih trendi. (Foto: Pixabay/Paluikan)

DI era milenial ini, kreativitas menjadi panglimanya. Yang tidak mungkin bisa saja menjadi kreasi yang bagus dan diterima oleh publik. Terutama bicara soal fesyen. Banyak yang memadupadankan fesyen penuh kreasi. Terlebih para desainer baru yang menghadirkan gaya pakaian semi kopntemporer dengan mencampurkan unsur batik di dalamnya.

Dengan begitu membuat anak muda jadi lebih berwarna dan tidak terkesan monoton. Bukan hanya soal padu padannya saja melainkan desain yang dibuat mewakili atmosfir kekinian.

Baca Juga:

Merawat Warisan Batik

Sejauh Mata Memandang

batik
Batik yang di ukir langsung dari pengrajin Sumba, Bali dan Jawa. (Foto: instagram@sejauh mata memandang)


Bahan yang di gunakan adalah tekstil yang dibuat dengan teknik tradisional. Memiliki pola yang memberi cerita pada masing masing motifnya. Bahan yang digunakan sangat ringan jadi bisa dipakai di keseharian kamu. Untuk membuat desain ini didatangkan pengrajin dari Bali, Sumba, dan Jawa sehingga orisinalitasnya masih tetap terjaga.

Ikat Indonesia

batik
Bercerita lewat desain batik. (Foto: IKATIndonesia)

Siapa yang tidak kenal dengan designer ternama asal Indonesia satu ini. Tak diragukan selalu menghadirkan busana nuansa modern dan memadukanya dengan batik. Desain yang lahir dari Didiet Maulana, bertujuan untuk membawa budaya Indonesia ke khalayak yang lebih luas melalui desain yang modern.

Ia menawarkan desain yang menggabungkan kesederhanaan dan minimalis. Seperti kain tenun ikat yang membuat busana wanita menjadi lebih chic.

Batik Warangka

batik
Batik berwarna monokrom membuat hari-harimu tetap kece. (Foto: instagram@warangkabatik)

Rumah batik yang didirikan pada 2015 ini memiliki visi mempromosikan warisan Indonesia di industri fesyen melalui desain modernnya. Dengan konsep minimalis dan modern pastinya pas saat digunakan perempuan dalam kesehariannya baik ke mall, acara arisan dan sebagainya. Terlihat ciamik pisan euy!

Baca Juga:

Mengunjungi Kampung Batik Kembang Mayang di Kota Tangerang


Oemah Etnik

batik
Kisah Indonesia yang di ukir dalam batik modern. (Foto: instagram@oemahetnik)

Tujuan dari Oemah Etnik adalah mengenalkan budaya Indonesia dan memberikan wawasan pada pelanggan bahwa di setiap batik yang dibuat memiliki kisahnya tersendiri. Terdiri atas asal-usul dan proses yang terlibat dalam pembuatan pakaian. Oemah Etnik memastikan bahwa pakaian yang dirancang sangat nyaman dikenakan setiap hari karena menggunakan bahan yang ringan.


Batik Papulo

batik
Menghadirkan batik dengan pola siluet dan warna modern. (Foto: instagram@populobatik)

Label ini menghadirkan pandangan modern tentang batik tradisional Indonesia melalui pendekatannya dengan pola, warna, dan siluet. Mereka berusaha untuk melestarikan, mempertahankan, dan lebih mengembangkan seni kerajinan tangan batik Indonesia.

Bahan yang digunakan sangat ramah lingkungan dan nyaman di pakai. Bukan hanya pakaian pria dan perempuan saja , namun menyediakan aksesori batik seperti kantong dalam bentuk binatang yang menggemaskan. (iel)


Baca Juga:

Batik Pesisir, Jejak Empat Kebudayaan dalam Satu Kain


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH