Laba-Laba Bob Marley, Hidup di Laut Laba-laba Bob Marley. (Foto: dailymail)

SPESIES baru laba-laba laut diberi nama Bob Marley. Bukan karena ada kemiripan fisik dengan legenda reggae itu.

Pemberian nama itu karena karakter laba-laba laut ini yang baru muncul kletika air laut surut. Kemudian bersembunyi di batu-batu karang bila air pasang. Ini mengingatkan pada lagu milik Marley berjudul High Tide Or Low Tide (1973).

Laba-laba laut ini berada di perairan Australia. Pertama kali ditemukan di tahun 2009 di sepanjang panjang pantai Queensland. Sekaligus terkuak keberadaan populasi laba-laba air itu.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa laba-laba betina lebih besar daripada jantan. Namun keduanya berwarna sama cokelat kemerahan. Sedanglan kaki-kaki mereka berwarna cokelat oranye. Tubuh dan kakinya ditutupi oleh bulu-bulu panjang dan tebal.

Nama ilmiahnya, Desis bobmarleyi, dipublikasikan di jurnal ilmiah Evolutionary Systematics. Untuk kebutuhan oksigen pernafasan, mereka membentuk jaring-jaring yang memerangkap gelembung udara. Ketika air surut, merupakan waktu dimana mereka melakukan perburuan makanan.

Seperti yang dilansir laman Dailymail, para ilmuwan belum nenetukan persis lokasi habitat laba-laba ini. Yang jelas mereka terlihat di Queensland. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH