Kutip Gus Dur, Menteri Agama Berpesan Jangan Gunakan Agama Untuk Saling Merendahkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menghadiri Haul Gus Dur di Ciganjur (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan banyak hal bermanfaat yang telah diwariskan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Di peringatan wafat (Haul) ke-9, Lukman mengingatkan pesan beliau bagi seluruh lapisan masyarakat tanah air untuk saling menghormati.

Meskipun banyak perbedaan yang ditemui dalam kehidupan bermasyarakat, tapi tidak boleh menjadi alasan untuk saling merendahkan dan menafikan.

"Gus Dur selalu mengajarkan bahwa kita harus terus menjaga sisi-sisi kemanusiaan, ini pesan utama yang harus terus jadikan pegangan untuk menatap masa depan," kata dia saat menghadiri Haul Gus Dur Ke-9 di Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (21/12).

Suasana haul Gus Dur
Haul Gus Dur

Lukman menambahkan, untuk menggali sisi kemanusiaan itu maka agama hadir. Dengan agama seharusnya umat menjadi lebih mengenal sisi kemanusiaan tersebut.

"Bahwa agama harus selalu hadir justru dalam rangka memanusiakan manusia, jangan gunakan agama atau bahkan jangan peralatan agama untuk justru antar sesama kita saling menegasikan saling menafikan saling merendahkan satu sama yang lain," pungkas Menteri Lukman Saifuddin.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Februari 2019, TKN Yakin Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandi di Banten

Kredit : fadhli

berita-singlepost-banner-3

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4