Kustomisasi Jadi Tren Pernikahan di 2023

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 04 September 2023
Kustomisasi Jadi Tren Pernikahan di 2023
Tren bergeser dari yang besar dan mewah, menjadi lebih personal dan kecil.. (Unsplash/Foto Pettine)

TREN pernikahan secara luring kembali aktif seiring dengan berakhirnya masa pandemi COVID-19. Pernikahan di 2023 pun menjadi semakin bervariasi dan memiliki beberap afokus pada detail dan teknis pelaksanaan resepsi.

“Kita melihat preference calon pengantin di masa sekarang, sejak pandemi, mereka lebih umum untuk (mengadakan) pernikahan dalam skala kecil, lebih intimate,” kata Group Head of Content Bridestory Noel Monique Renzita, dilansir ANTARA.

Baca Juga:

Tidak Menghadiri Pernikahan Mantan Bukti Kamu Berhasil Mendamaikan Ego Pribadi

Kustomisasi Jadi Tren Pernikahan di 2023
Kustomisasi juga dilakukan pada undangan pernikahan. (Unsplash/Ricardo Moura)

Menurut Noel, pernikahan skala kecil yang saat ini umum dilakukan calon pengantin membuat mereka menyisihkan anggaran lebih untuk dekorasi maupun hal yang berkaitan dengan pernikahan. Mulai dari spot foto, suvenir, hingga pilihan tempat pernikahan yang lebih unik dan menarik.

Selain itu, para pengantin juga lebih suka kustomisasi sesuatu yang berhubungan dengan pernikahan mereka, seperti suvenir, undangan, dan lainnya. Oleh karena itu, mereka lebih senang menggunakan vendor pernikahan yang menawarkan hal tersebut untuk acaranya.

Tidak hanya vendor pernikahan, calon pengantin di 2023 juga memperhatikan kesehatan mereka. untuk layanan premarital atau sebelum acara pernikahan.

Dari sisi dekorasi, calon pengantin saat ini juga memerhatikan warna serta jenis dekorasi yang digunakan. Tidak jarang mereka menyesuaikan warna dekorasi dengan tempat pernikahan berlangsung.

Baca Juga:

Cuma di Negeri Aing Pesta Pernikahan Sampai Menutup Jalan

Kustomisasi Jadi Tren Pernikahan di 2023
Para pengantin juga lebih suka kustomisasi sesuatu yang berhubungan dengan pernikahan mereka. (Unsplash/Nathan Dumlao)


“Setelah pandemi, orang lebih eye level. Jadi, dulu orang lebih grande, kalau sekarang lebih picky. Sekarang lebih main warna,” kata Founder of Cassia Decoration Meiska Setya Putri.

Menurut Meiska, calon pengantin lebih pemilih saat menentukan warna dekorasi pernikahan yang diinginkan. Beberapa dari mereka juga menyesuaikan warna dekorasi tempat pernikahan dengan warna baju pengantin yang mereka kenakan agar tetap membuat tampilan mereka terlihat stand out.

“Enggak cuma bunga aja (untuk dekorasi), tetapi juga calon pengantin suka yang ada gambarnya. Misal, ilustrasi rumah gadang (rumah tradisional) dalam dekorasi pernikahan mereka,” kata Meiska. (and)

Baca Juga:

Diet Dulu Sebelum Hari Pernikahan, Begini Caranya

#Pernikahan #Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan