KUSTOMFEST 2017 Siapkan Lucky Draw Motor Trike Ber-DNA Mobil Porsche Mesin motor trike lucky draw KUSTOMFEST 2017. (Foto: MP/Teresia Ika)

PEMBERIAN lucky draw sebuah motor modifikasi telah menjadi tradisi KUSTOMFEST setiap tahun. Begitu pula pada KUSTOMFEST 2017 yang digelar di Yogyakarta pada 7-8 Oktober.

Tahun ini, panitia menyiapkan sebuah motor trike ber-DNA mobil Porsche. Direktur KUSTOMFEST, Lulut Wahyudi, menjelaskan pemberian lucky draw berupa motor trike ber-DNA Porsche itu dimodifikasi mengikuti tren era 1970-an. Konstruksinya menggunakan motor chopper pada bagian depan dengan aplikasi independent rear suspension mobil Porsche di bagian belakang.

Pahatan bergambar wayang pada motor trike roda tiga. (Foto: MP/Teresia Ika)

"Model tempat duduk yang digunakan akan mengadopsi tempat duduk alat king and queen yang tetap nyaman dikendarai," papar pria yang juga desainer motor trike ber-DNA Porsche itu.

Dari segi performa, trike yang telah dimodifikasi itu didukung mesin Harley Davidson Buell 1200 CC yang telah memiliki DNA racing. Mesin ini ditopang pula independent rear suspension milik Porsche. Alhasil, performanya pun tinggi.

Lulut memasang pula Fork Springer dengan velg ring 21 inch dan ban Avon speedmaster pada bagian depan motor. Ada yang unik dengan motor trike modifikasi merah itu. Unsur seni dan budaya sengaja dilekatkan di sana. Terlihat pada kehadiran gambar wayang Semar karya seniman pahat dari Jepara di mesin knalpot motor.

"Motor trike ini saya namai Ojo Dumeh yang berarti tetap harus membumi. Ini akan menjadi pengingat kita kalau hidup tetap harus membumi karena kadang hidup kita di atas dan di bawah," ujarnya.

Diperlukan waktu hampir dua bulan untuk memodifikasi motor tersebut. Pengunjung yang ingin menguji keberuntungan mendapatkan lucky draw keren ini cukup membeli tiket seharga Rp 50 ribu. Pihak panitia akan mengundinya pada hari terakhir acara.

Artikel ini dibuat berdasarkan laporan Teresia Ika, kontributor Merahputih.com wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. (*)

Jika di Yogyakarta sedang ada KUSTOMFEST 2017, di Jakarta digelar Festival Ragam Nusantara di Kota Tua, Wadah Diskusi Budaya Indonesia. Keduanya dapat menjadi agenda jalan-jalan di akhir pekan ini.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH