Kursi DPR Golkar Lampaui Gerindra Padahal Kalah Suara, Kok Bisa? Ilustrasi: Aplikasi G4AR. (Screen Shoot)

Merahputih.com - Tiga Partai besar dipastikan menguasai kursi DPR 2019-2024. Ketiganya adalah PDIP, Golkar dan Gerindra.

Menurut Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, dalam pemilu legislatif yang menjadi barometer ialah perolehan kursi.

"Partai Golkar memperoleh kursi 85 kursi, di bawah PDIP yang memperoleh 129 kursi. Sementara Gerindra di urutan ketiga dengan perolehan kursi sebanyak 78 kursi," ujar Ace dalam keterangannya, Selasa (21/5).

BACA JUGA: Gerindra Salip Golkar, 7 Partai Tersungkur di Pileg 2019

Berdasarkan hasil penetapan KPU dini hari tadi, Partai Golkar berada di urutan ketiga perolehan suara nasional, di bawah PDIP dan Gerindra. Namun, menurut Ace, yang harus dilihat adalah konversi dalam kursi DPR RI.

"Secara perolehan suara memang kami berada pada urutan ketiga. Tetapi dalam perhitungan pemilu legislatif, yang harus dilihat adalah konversinya ke dalam kursi di DPR RI," jelasnya.

BACA JUGA: DPR: Ibarat Tinju, Pileg hanya Partai Tambahan dengan Penonton yang Sedikit

Dengan raihan jumlah kursi tersebut, kata Ace, Partai Golkar berhasil mematahkan prediksi berbagai pihak bahwa suara mereka akan turun drastis.

hasil KPU
Hasil final rekapitulasi total penghitungan suara Pemilu Anggota DPR RI 2019 dari 34 provinsi dan 130 PPLN. (Foto: Rangga Pandu Asmara Jingga/ANT)

Ia mengapresiasi kepemimpinan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. "Tentu raihan ini patut mendapatkan apresiasi. Di bawah kepemimpinan Pak Airlangga Hartarto, Partai Golkar dapat bertahan pada urutan kedua di parlemen," ucap Ace.

Sebelumnya, dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara DPR dan DPD, KPU menetapkan PDIP meraih suara tertinggi. Hasil itu disusul Partai Gerindra dan Partai Golkar di urutan kedua dan ketiga. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH