Kurosuke Visualisasikan Album 'Distant Memories' dalam Sebuah Film Pendek

Febrian AdiFebrian Adi - Senin, 04 Desember 2023
Kurosuke Visualisasikan Album 'Distant Memories' dalam Sebuah Film Pendek
Album 'Distant Memories' dibikin film pendek. (Foto: Dok/Aksara Records)

KENANGAN yang membekas dalam ingatan entah pahit atau manis, biasanya akan membentuk diri dan memenuhi perjalanan hidup orang tersebut. Sama halnya seperti kenangan, musisi Kurosuke juga ingin menyampaikan hal tersebut dalam album Distant Memories yang rilis pada Oktober 2023.

Oleh karena itu, musisi bernama asli Christianto Ario Wibowo ini coba menghadirkan bentuk lain dari albumnya itu, dengan melepas film pendek yang memuat visualisasi dari lagu-lagunya tersebut.

Filosofinya dari film pendek ini, jadi delapan (lagu di album) ini sebuah fragmen dari memories. Misalkan album ini adalah sebuah hidup, berarti lagu-lagu di album ini adalah delapan fragmen memori dari satu hidup itu,” ucap Kurosuke dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Minggu (3/12).

Baca juga:

Skastra Lepas Album Ketiga Bertajuk 'Metanoia'

Kurosuke merilis film pendek berdurasi 30 menit yang terdiri dari visualisasi delapan lagu yang ada di albumnya. Dalam film pendek ini, Kurosuke menggandeng Adriel Manoe untuk bertindak sebagai sutradara pada penggarapannya.

“Memang digambarkan dalam travel, karena dalam travel selalu jadi momen, misalnya tempat ini gue kayak gini nih, merasa seperti ini, ngingetin sama memori kapan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia mencoba menyajikannya secara utuh meski setiap lagunya tidak sepenuhnya menceritakan kisah yang saling berkesinambungan satu sama lain. Untuk memberikan kesan tersebut, penggarapan videonya pun melakukan pengambilan gambar di 5 kota dan 3 negara, yakni Tokyo, Kyoto, Kamamura (Jepang), Singapura, dan Jakarta (Indonesia).

“Film pendek ini adalah potongan dari fragmen memori-memori kecil yang dijahit menjadi satu. Walaupun memang tidak secara langsung berkesinambungan, alur, dan temanya, tapi biasanya satu memori dengan memori lainnya ternyata leading ke satu anak tangga,” tambah Kurosuke.

Baca juga:

Masuk Karakter Mana Kamu di 'Me In 2023'?

View this post on Instagram

A post shared by Kurosuke (@kurosuke.san)

Bekerja sama secara jarak jauh dengan sang sutradara, bagi Kurosuke, menjadi tantangan tersendiri dalam proses penggarapan film pendek tersebut. Hampir seluruh proses penggarapan dari film pendek itu dia lakukan secara terpisah.

Adapun ketika pengambilan gambar di Jakarta, Kurosuke pun memilih tempat-tempat yang terasa dekat di hatinya.Jadi shot-shot terakhirnya adalah dia ada di Jakarta, kami hanya jalan-jalan ke tempat-tempat yang ada meaning ke gue personally lah,” pungkasnya. (far)

Baca juga:

VIDI Lanjutkan Perjalanan dengan Lagu 'love for u (??4U)'

#Musik #Musik Indonesia #Film Pendek
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan