Kesehatan

Kurangi Nafsu Merokok dengan Makanan Sehat Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 26 Februari 2018
Kurangi Nafsu Merokok dengan Makanan Sehat Ini
Ilustrasi. (pixabay)

BAGI perokok, berhenti mengisap rokok bisa jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Meskipun demikian, berhenti merokok bukanlah hal mustahil untuk dilakukan.

Mulut yang sudah terbiasa dengan rasa tembakau akan selalu ingin mencari bahan tersebut. Jangan khawatir, jika Anda memang berniat berhenti merokok, berikut sejumlah makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan keinginan merokok.

1. Susu

susu
Susu bikin rasa rokok pahiht. (foto: pixabay)

Sebuah studi di Duke University dilakukan untuk melihat hubungan antara susu dan keinginan untuk merokok. Ditemukan bahwa setelah meminum susu, para perokok yang diamati pun akan tetap merokok.

Namun, para perokok itu mengaku rasa rokok menjadi tidak enak. Menurut mereka, rasa rokok menjadi pahit di tenggorokan.

Meski tidak diketahui kandungan spesifik pada susu yang bisa membuat rokok menjadi tidak enak, susu terbukti bisa menjadi pilihan untuk mengurangi keinginan merokok.

2. Ginseng

ginseng
Ginseng membangkitkan efek dopamin. (foto: pixabay)

Sejumlah riset menyebut ginseng bisa jadi terapi untuk mengurangi keinginan merokok. Hal itu disebabkan ginseng bisa membangunkan efek dopamin, sebuah zat pada otak yang menimbulkan rasa tenang yang dapat dipicu rokok.

Anda bisa meminum teh ginseng untuk meredam keinginan untuk merokok karena rasanya yang membuat rokok jadi tidak enak.


3. Buah dan sayuran

buah dan sayur
Buah dan sayur kembalikan nutrisi tubuh. (foto: pixabay)

Saat merokok, tubuh akan kesulitan menyerap nutrisi penting dari buah dan sayuran seperti kalsium dan vitamin. OLeh karena itu, memakan buah dan sayu akan mengembalikan asupan kalsium dan vitamin pada tubuh.

Karena itulah, buah dan sayur bisa membantu mengurangi keinginan untuk merokok karena kembalinya nutrisi tubuh.

4. Permen karet rasa mint

permen karet
Permen karet bikin mulut tetap sibuk. (foto: pixabay)

Masih kesulitan menghentikan kesibukan mulut? Coba saja mengunyah permen karet dengan rasa mint.

Permen karet sama efeknya dengan rokok, yaitu membuat mulut tetap sibuk dalam waktu yang lama. Dengan begitu, Anda juga bisa menjaga kesehatan mulut dan menghilangkan bau rokok dalam mulut Anda.


5. Kacang-kacangan

kacang-kacangan
Dengan kacang, rasa ingin merokok berkurang. (foto: pixabay)

Hampir sama dengan permen karet, kacang-kacangan bisa membuat mulut tetap sibuk. Akibatnya, rasa ingin merokok pun perlahan berkurang.

Selain itu, tubuh akan mendapat energi, protein, dan nutrisi untuk tubuh yang sempat hilang karena rokok. Manfaatnya dobel, tubuh kembali sehat dan terbebas dari bahaya nikotin.


Berhenti merokok mungkin tak akan terjadi dengan seketika atau dalam waktu sekejap. Namun, usaha yang konstan dan niat yang kuat pasti akan bisa menghilangkan rokok dari kehidupan Anda. Selamat berusaha!(*)

#Berhenti Merokok
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan