Kesehatan

Kurang Vitamin D Picu Depresi?

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 08 Juli 2022
Kurang Vitamin D Picu Depresi?
Kekurangan vitamin D jangan dianggap remeh. (Foto: Unsplash/Michele Blackwell)

VITAMIN D adalah vitamin yang memiliki peran penting bagi sistem tubuh. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit lainnya. Seperti gangguan tulang hingga timbulnya preeklampsia pada ibu hamil di akhir kehamilannya.

Setiap individu memiliki kebutuhan vitamin D yang berbeda-beda. Pada anak-anak dan orang dewasa, asupan vitamin D yang perlu dipenuhi adalah 15 mcg (600 IU) per hari. Sementara untuk lansia sekitar 20 mcg (800 IU) per hari.

Baca Juga:

Manfaat Antioksidan Kuersetin pada Kulit Bawang Merah

vitamin d
Sinar matahari memberikan vitamin D. (Foto: Pixabay/nguyenhonstudio)

Seperti dilansir dari US News, menyebutkan bahwa orang dengan kekurangan vitamin D memiliki risiko depresi yang jauh lebih tinggi dari pada individu dengan tingkat normal.

Vitamin D berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu penyerapan kalsium. Seseorang yang kekurangan vitamin D akan mengalami berbagai gejala yang seringkali tak disadari. Mengutip dari US News, berikut tanda-tanda seseorang kekurangan vitamin D dalam tubuh.

Depresi

Salah satu gejala kekurangan vitamin D, terutama pada perempuan adalah depresi. Seseorang yang jarang terkena sinar matahari cenderung lebih tertekan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa vitamin D dapat menyebabkan depresi dan dapat mempengaruhi mood seseorang. Dari 13 penelitian yang dilakukan pada 31 ribu responden mengungkapkan bahwa mereka yang kekurangan vitamin D berisiko lebih tinggi mengalami depresi. Kekurangan vitamin D bisa merusak fungsi kognitif karena reseptor vitamin D di area otak bertanggung jawab untuk perilaku dan suasana hati, termasuk munculnya depresi.

Baca Juga:

Segudang Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

vitamin
Vitamin D mempengaruhi mood seseorang. (Foto: freepik/benzoik)

Mudah mengantuk

Tubuh yang kekurangan vitamin D akan merasakan lelah yang berlebihan dan mudah mengantuk. Hal ini membuat kita menjadi kurang produktif bahkan kesulitan dalam bekerja. Kadar vitamin D yang rendah membuat tubuh mengalami kekurangan kalsium di dalam darah. Padahal, kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk kontraksi otot dan menyampaikan sinyal pada sel saraf. Akibatnya, tubuh menjadi mudah lelah dan mengantuk.

Keringat berlebihan

Tubuh yang kekurangan vitamin D akan mudah berkeringat tanpa sebab yang jelas, terutama bagian kulit kepala. Entah saat sedang melakukan aktivitas yang normal atau cuaca yang tak panas. Seperti bayi yang sedang tidur dan kepalanya berkeringat berlebihan. Hal tersebut menjadi tanda bahwa bayi kurang vitamin D dan harus dijemur di bawah sinar matahari pagi. (Mrf)

Baca Juga:

4 Cara Memiliki Kulit Cerah Tanpa Skincare

#Kesehatan #Vitamin D #Defisiensi Vitamin D
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan