Kurang Tidur Tapi Tetap Harus Bekerja, Ini Akibatnya.. Inilah yang terjadi jika kamu tidur kurang dari 6 jam (Foto: Pexels/Energepic)

MASIH banyak karyawan yang kekurangan tidur, bahkan mereka hanya tidur kurang dari lima jam per hari dan sudah harus berangkat kerja lagi di pagi harinya. Sebenarnya tidur yang cukup berkisar antara enam sampai sembilan jam perharinya. Mungkin ada beberapa alasan mengapa bisa kekurangan waktu tidur, mungkin sedang mengikuti acara, memikirkan pekerjaan, dan mengasuh anak, efek dari kekurangan tidur adalah kinerja yang kurang baik saat kamu bekerja. Berikut hal-hal yang bisa terjadi jika kamu bekerja namun kekurangan tidur.

1. Kurang Fokus

Kurang Tidur dan Tetap Harus Bekerja, Ini Akibatnya..
Akibat Kurang Tidur Kamu Sulit Untuk Fokus (Foto: Pexels/BruceMars)

Apakah saat kamu bekerja kamu sering membuka dari satu tab ke tab yang lainnya? dan kamu merasa kesulitan untuk fokus ke pekerjaan kamu? Mungkin hal tersebut dikarenakan kamu kekurangan waktu tidur.

Salah satu cara agar otak kamu tetap terjaga dengan kamu terus mencari apapun hal yang menyibukkan, cara tersebut dapat membatu kamu untuk tetap fokus ke suatu pekerjaan.

2. Menjadi Pemarah

Kurang Tidur dan Tetap Harus Bekerja, Ini Akibatnya..
Mudah marah Kalau Kurang Tidur (Foto: Pexels/MoosePhotos)

Jika kamu tidur kurang dari enam jam, itu bisa memengaruhi suasana hati kamu jadi lebih buruk. Terdapat sebuah studi Jurnal Psikologi Eksperimental yang dilaksanakan pada tahun 2018 oleh para peneliti yang berada di Lowa State.

Sebanyak 142 orang ditugaskan untuk mempertahankan rutinitas tidur selama tujuh jam, dan kelompok kedua hanya mendapat jatah tidur selama empat jam, hasil dari studi tersebut melaporkan bahwa orang yang kekurangan tidur lebih mudah marah seperti anjing yang menggonggong.

3. Tidak Sabaran

Kurang Tidur dan Tetap Harus Bekerja, Ini Akibatnya..
Sulit Untuk Bersabar Kalau Kurang Tidur (Foto: Pexels/CraigAdderley)

Sebuah studi pada tahun 2017 yang dipimpin oleh Cristiano Guarana dan Chirtopher Barnes mengukur kualitas tidur manajer sebuah perusahaan.

Dalam studinya Guarana dan Barnes menemukan bahwa ketika bosnya kekurangan tidur, mereka akan kurang sabar dan sangat mudah tersinggung, dan tidak sedikit bawahannya yang melaporkan karena mendapat interaksi yang lebih buruk dengan atasannya.

Barnes juga mengatakan "Ketika orang kurang tidur, ada bagian di otak yang mendapat efeknya, bagian itu adalah bagian yang mengendalikan diri".

4. Selalu Merasa Cemas

Kurang Tidur dan Tetap Harus Bekerja, Ini Akibatnya..
Jika kurang tidur kamu juga akan selalu merasa cemas (Foto: Pexels/Alexander Dummer)

Jika kamu tidur hanya sebentar saja kamu bisa merasakan disekelilingmu seperti ada ladang ranjau, jadi kamu akan merasa selalu gelisah di tempat kerjamu.

Sudah dilakukan sebuah penelitian di University of California, yang meminta 18 orang selama dua hari untuk percobaan dengan malam pertama dengan waktu tidur yang normal, dan malam kedua dengan waktu tidur yang kurang.

Pada hari kedua mereka yang kurang tidur memiliki tingkat kecemasan 30 persen lebih tinggi dibandingkan biasanya. (ape)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH