Kesehatan

Kurang Tidur dan Begadang Akan Membuatmu Terlihat Lebih Tua

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 31 Oktober 2018
Kurang Tidur dan Begadang Akan Membuatmu Terlihat Lebih Tua
Kurang tidur dapat menyebabkan efek negatif (Foto: Pixabay/xiangying_xu)

DI tengah kesibukan yang super padat, banyak orang yang rela kehilangan waktu tidurnya. Padahal ahli kesehatan menyarankan untuk tidur cukup 6 hingga 8 jam.

Jika tidur kamu kurang dari waktu tersebut, maka akan membahayakan kesehatan. Pasalnya sesuatu yang kurang itu tak baik adanya. Termasuk kurang tidur atau kurang istirahat setiap harinya. Apalagi jika kamu tidur kurang dari 4 jam.

Seperti yang dimuat laman webmd, orang yang tidur kurang dari 4 jam dapat berisiko penuaan dini. Seperti halnya seseorang yang sering begadang serta tidur hanya sebentar setiap hari akan tampak 9 tahun lebih tua dari usia aslinya.

Tidur yang cukup yaitu sekitar 6-8 jam (Foto: Pixabay/engin_akyurt)

Sementara itu, orang yang tidur tak cukup atau kurang dari 4 jam, akan mengalami penurunan kemampuan berpikir. Tak hanya itu, orang yang terbiasa tidur larut malam atau begadang juga akan mengalami penuruan kemampuan verbal, penalaran serta kemampuan untuk mengingat.

Peneliti dari Laboratorium Owen, Conor Wild mengungkapkan, jika kurang tidur dapat membuat seseorang lebih mudah kehilangan daya memori jangka pendek dan panjang.

"Kami telah menemukan, jika jumlah tidur ideal dapat menjaga otak dan kulit tetap dalam kondisi baik. Tidur yang baik ialah 6-8 jam setiap hari, jika kurang atau lebih dari itu sangat tak disarankan," tutur Conor.

Jangan tidur larut malam atau begadang, karena berdampak negatif (Foto: Pixabay/adinavicou)

Sebaiknya kamu memiliki waktu yang cukup untuk tidur yah guys setiap harinya. Karena jika kebugaran dan kemampuan otakmu terjaga, maka aktivitas sehari-hari akan berjalan dengan lancar. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Tips Ampuh Atasi Rasa Takut Naik Pesawat

#Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan