Kurang Dikenal, Sayuran Okra Merah Ternyata Punya Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 21 Oktober 2022
Kurang Dikenal, Sayuran Okra Merah Ternyata Punya Segudang Manfaat Bagi Kesehatan
Okra memiliki manfaat untuk kesehatan. (Foto: Pexels/Prateek Nuti)

SEBAGAI sayuran khas wilayah tropis, okra kurang begitu dikenal di Indonesia. Beberapa supermarket Indonesia memang sudah mulai menjual okra, tapi popularitasnya masih kalah jauh dari sayuran lain. Di sejumlah negara Asia dan Eropa, okra justru cukup digemari dan populer sebagai sajian nikmat nan bergizi.

Tanaman okra yang biji polongnya bisa dikonsumsi umumnya berwarna hijau. Ada juga okra berwarna merah atau lebih mudahnya disebut okra merah. Meskipun tidak sepopuler okra hijau, okra merah juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan loh.

Dikutip dari Dr Health Benefit, akhir-akhir ini okra merah sudah diakui akan manfaatnya yang luar biasa. Okra merah memiliki rasa dan juga tekstur yang terbilang unik karena rasanya seperti terong dan asparagus. Saat dimasak, warna pada okra merah akan memudar dan polongnya akan berubah menjadi hijau.

Sama seperti okra hijau, okra merah juga memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Nutrisi yang terkandung dalam okra merah adalah vitamin C, vitamin A, folacin, magnesium, potasium, dan kalsium. Selain itu, okra merah juga bebas lemak, bebas lemak jenuh, bebas kolesterol, dan rendah kalori. Okra merah baik untuk dikonsumsi orang yang akan dan sedang diet. Masih banyak lagi manfaat okra merah. Yuk, kita simak.

Baca juga:

4 Sayuran dengan Kandungan Tinggi Zat Besi

okra merah
Okra ada yang berwarna hijau dan ada yang berwarna merah. (Foto: Pexels/Quang Nguyen Vinh)


1. Menurunkan Gula Darah


Gula darah merupakan salah satu faktor penting yang harus dijaga agar tetap sehat. Gula darah tinggi dapat menyebabkan prediabetes dan diabetes tipe 2. Okra merah bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, ada peringatan bagi kamu yang menderita diabetes. Okra merah bisa mengganggu beberapa obat diabetes seperti metformin.


2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung


Salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar kolesterol yang tinggi. Apabila mengonsumsi okra merah bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Ini lantaran okra merah mengandung zat kental seperti gel yang disebut lendir. Zat ini membantu mengikat kolesterol selama proses pencernaan.

Baca juga:

6 Sayuran yang Mengandung Vitamin E Melimpah

okra merah
Saat dimasak, warna pada okra merah akan memudar dan polongnya akan berubah menjadi hijau. (Foto: Pexels/Dreampix Photography)


3. Kaya Nutrisi tapi Rendah Kalori


Okra merah memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Dalam secangkir okra merah terdapat 33 kalori, 7 gram karbohidrat, 2 gram protein, 0 gram lemak, 3 gram serat, 14% nilai harian magnesium, 15% vitamin A, 26% vitamin C, 26% vitamin K, dan 14% vitamin B6.

Selain itu, okra merah rendah kalori dan karbohidrat. Okra merah mengandung beberapa protein dan serat. Mengonsumsi okra merah dalam jumlah yang cukup juga baik untuk mengatur berat badan, mengontrol gula darah, struktur tulang, dan massa otot. (yos)

Baca juga:

Cara Mudah Agar Si Kecil Suka Makan Sayur

#Kesehatan #Sayur Organik
Bagikan
Bagikan