hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Kunyit, Bumbu Masak dengan Segudang Manfaat Kesehatan Kunyit bermanfaat bagi kesehatan tubuh (Foto: Pixabay/cgdsro)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

HAYO ngaku… kamu pasti pernah kan kesulitan menghilangkan noda kuning di telapak tangan setelah bantu mama masak di dapur? Iya, noda kuning tersebut pasti berasal dari kunyit. Masakan Indonesia banyak menggunakan rempah ini sebagai penambah cita rasa.

Kunyit tidak hanya berperan menambah rasa tetapi juga memberikan warna kuning alami yang sangat cantik. Selain dikenal sebagai pelengkap bumbu dapur yang memiliki warna khas, kunyit juga kerap digunakan sebagai obat-obatan herbal seperti jamu.

Baca juga:

Sembuhkan Kista Ovarium dengan 5 Herbal Mujarab

Melansir alodokter.com, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang berfungsi sebagai penyembuhan struktur tubuh. Selain itu, jamu kunyit ternyata ampuh sebagai pereda nyeri dan alergi sehingga kerap digunakan dalam dunia medis.

Kira-kira apa saja ya manfaat kunyit bagi kesehatan? Yuk simak ulasan menarik berikut ini:

1. Kesehatan kulit

Kunyit digunakan sebagai produk kecantikan kulit (Foto: Pixabay/422694)

Kandungan antioksidan di dalam kunyit cukup tinggi, sehingga sering digunakan sebagai produk suplemen kecantikan kulit. Kunyit mampu memperbaiki tekstur kulit dari dalam lapisan epidermis.

Selain itu, kunyit dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit terlihat awet muda. Kalau kamu jadi semakin cantik, mulai sekarang rutin minum jamu kunyit ya!

2. Meredakan nyeri haid

Otot rahim semakin rileks saat haid (Foto: Pixabay/silviarita)

Saat ini kunyit sudah dianggap sebagai tanaman akar yang masuk ke dalam kategori super food. Artinya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak heran jamu kunyit sering digunakan sebagai pereda nyeri saat masa haid.

Baca juga:

Perempuan Milenial Minum Jamu? Kenapa Tidak

Kurkumin di dalam kunyit memiliki peran sebagai anti-peradangan yang mampu menenangkan kontraksi otot sekitar dinding rahim. Tidak perlu panik lagi saat haid. Kunyit akan meredakan rasa nyerinya.

3. Kanker

Mencegah pertumbuhan sel kanker (Foto: Pinterest/mutluvesaglikli.com)

Antioksidan ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit. Tetapi juga mampu melawan jaringan radikal bebas pembentuk sel kanker di dalam tubuh. Rutin minum jamu kunyit setiap hari akan menghambat penyebaran dan membunuh sel kanker hingga akarnya.

Yuk rutin mengonsumsi kunyit sahabat Merah Putih! (mar)

Baca juga:

Benarkah Jamu Bisa Menangkal Virus Corona?


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5