Kunjungi Ulama Solo, Kapolda Jateng Gagas Pembentukan Ponpes Siaga COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 18 Juni 2020
Kunjungi Ulama Solo, Kapolda Jateng Gagas Pembentukan Ponpes Siaga COVID-19
Kapolda Jawa Tengah Irjen (Pol) Ahmad Luthfi mengunjungi ulama terkemuka di Solo, Jawa Tengah, Habib Syech Abdul Qodir Assegaf di Gedung Bustanul 'Asyiqin, Kamis (18/6). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Setelah sukses membentuk sebanyak 284 Kampung Siaga COVID-19 di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan menyabet penghargaan dari Kapolri Jenderal Idham Aziz, Polda Jawa Tengah kembali melakulan inovasi dalam menangani penyebaran virus corona.

Kali ini, inovasi tersebut berupa pembentukan Ponpes Siaga COVID-19 yang akan dibentuk di sejumlah wilayah Jawa Tengah. Demikian diungkapkan Kapolda Jawa Tengah Irjen (Pol) Ahmad Luthfi usai mengunjungi ulama terkemuka di Solo, Jawa Tengah, Habib Syech Abdul Qodir Assegaf di Gedung Bustanul 'Asyiqin, Kamis (18/6).

Baca Juga:

Pesantren di Jawa Barat Mulai Dibuka, Ridwan Kamil: Hasil Musyawarah dengan Ulama

"Pertemuan bersama Habib Syech ini hanya silaturahim saja. Salah satu yang dibicarakan dalam pertemuan ini adalah terkait pembentukan Ponpes (Pondok Pesantren) Siaga COVID-19 di Jawa Tengah," ujar Luthfi.

Mantan Kapolresta Surakarta ini menegaskan, dalam pembentukan Ponpes Siaga COVID-19, Polda Jawa Tengah akan berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. Polri hanya sebatas menjadi fasilitator dalam menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Kapolda Jawa Tengah Irjen (Pol) Ahmad Luthfi, Kamis (18/6). (MP/Ismail)
Kapolda Jawa Tengah Irjen (Pol) Ahmad Luthfi. (MP/Ismail)

"Kami berikan contoh dan sosialisasi protokol kesehatan di ponpes. Polri juga menjadi fasilitator, mendidik, memberikan imbauan menerapkan pengawasan, dan lainnya," tutur dia .

Luthfi menambahkan, sebelum Ponpes Siaga COVID-19 tersebut diterapkan di lapangan, ia akan terlebih dulu membuat role model atau model percontohan yang nantinya akan terapkan seluruh pesantren di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Baca Juga:

Pesantren Tak Segera DIbuka, 40 Juta Anak Indonesia Terancam Kehilangan Akses Pendidikan

"Role model Ponpes Siaga COVID-19 nanti akan kita rakorkan bersama Pemprov Jawa Tengah. Setelah itu baru diterapkan di lapangan," tutup Luthfi.

Habib Syech Abdul Qodir Assegaf membenarkan adaya rencana Kapolda Jawa Tengah dalam membentuk Ponpes Siaga COVID-19. Konsep pembentukan Ponpes Siaga COVID-19 diserahkan sepenuhnya pada Polda Jawa Tengah.

"Kami apresiasi rencana tersebut dan mendukungnya," kata Habib Syech. (Ism)

Baca Juga:

Kemenag Belum Putuskan Protokol Kesehatan untuk Pondok Pesantren

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan