Kunjungi TPA Putri Cempo, Ganjar Optimistis Jateng Bisa Menuju Waste To Energy Caption: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan pengecekan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di TPA Putri Cempo di Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo optimistis persoalan sampah di Jawa Tengah akan teratasi. Terlebih Kota Solo akan mengolah sampah menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di TPA Putri Cempo.

Demikian diiungkapkan Ganjar saat meninjau langsung PLTSa di TPA Putri Cempo sekaligus meninjau warga yang terdampak asap kebakaran sampah di TPA Putri Cempo, Rabu (9/10).

Baca Juga:

Wacana Pembentukan Provinsi Soloraya, Ganjar Pertanyakan Urgensi Pemekaran

"Saya barusan melihat proses pembuatan sampah menjadi briket yang digunakan sebagai bahan dasar energi listrik di TPA Putri Cempo Solo," ujar Ganjar pada kepada awak media termasuk merahputih.com.

Ganjar Pranowo bersama wali kota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau TPA Putri Cempo
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau TPA Putri Cempo (MP/Ismail)

Meski baru prototype, PLTSa Putri Cempo Solo sudah menunjukkan hasil memuaskan. Pengelolaan sampah di Solo sudah berjalan dan sudah ada hasilnya.

"Ini skalanya masih kecil karena masih uji coba, nah pada tanggal 23 Oktober nanti, akan dilakukan groundbreaking proyek serupa dengan kapasitas listrik 5 Megawatt," kata Ganjar.

Dibangunnya PLTSa Putri Cempo, kata Ganjar, sampah yang ada di lokasi TPS ini akan diolah menjadi energi listrik. PLTSa Putri Cempo natinya akan menyelesaikan tumpukan sampah yang lebih dari 1,6 juta ton itu dalam waktu tidak cukup lama.

Warga Solo yang terkena asap pembakaran sampah dari TPA
Warga terdampak asap akibat kebakaran TPA Putri Cempo mendapatkan pengobatan gratis dari Dinkes Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/10). (MP/Ismail)

"Kami mencatat sudah ada tiga lokasi pengolahan sampah di Jateng, yakni di Semarang menjadi gas metan, Cilacap menjadi briket dan di Solo ini menjadi energi listrik," tutur dia.

Tiga contoh pengelolan sampah ini, lanjut dia, bisa menjadi bukti nyata Jawa Temgahsiap mengatasi problem sampah dan menuju waste to energy. Ia berharap pengelolaan sampah menjadi energy ini bisa menular di kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Baca Juga:

Viral Bupati Budhi Sarwono Unggah Slip Gaji, Gubernur Ganjar Minta Kepala Daerah Bersabar

"Saya sedikit menyoroti soal penanganan kebakaran yang terjadi di TPA Putri Cempo Solo. Akibat kebakaran ini warga yang tinggal di sekitar lokasi terkena dampak asap. Saya minta Pemkot Solo secepatnya mepadamkam api,"pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Ganjar Tak Sabar Ingin Ngantor Pakai Mobil Esemka



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH