Kunjungi Tempat Ini untuk Menginspirasi Perjalanan Kamu Selanjutnya Museum Angkut (Sumber: Instagram/lhakim9)

Bagi seorang traveler sejati tentunya sudah punya agenda besar dalam melakukan perjalanan dalam satu tahun ke depan. Dengan membuat sebuah agenda besar, perjalanan kamu akan terkonsep dan tidak sia-sia.

Nah, bagi yang belum memiliki rencana, mungkin kamu bisa mengunjungi tempat-tempat rekomendasi dari merahputih.com ini. Mungkin saja, tempat tersebut bisa menginspirasi kamu melakukan perjalanan selanjutnya.

1. Museum Fatahillah - Jakarta

Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Museum Fatahillah (Foto: Jakarta Tourism)
Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Museum Fatahillah (Foto: Jakarta Tourism)

Museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat menjadi saksi bisu saat kekuasaan Jakarta -dulunya Batavia- dipegang oleh Belanda. Dulu Museum ini adalah balai kota Batavia yang dibangun tahun 1707-1712 atas perintah Gubernur-Jendral Joan van Hoorn.

Jika diperhatikan arsitektur tempat ini mirip dengan Istana Dam di Amsterdam, Belanda yang terdiri dari bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat. Di tahun 1974, bangunan ini akhirnya diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

2. Museum Angkut - Malang

Museum Angkut (Sumber: Instagram/lhakim9)
Museum Angkut (Sumber: Instagram/lhakim9)

Museum yang berada di Malang, Jawa Timur ini memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional hingga modern. Terdapat beberapa zona yang disetting landscape dengan model bangunan Benua Asia, Eropa hingga Amerika. Kamu akan merasakan bagaimana suasana di jalan berbagai negara.

Museum ini dikelola oleh Jawa Timur Park Group yang juga membangun Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular (BNS), Eco Green Park dan Museum Satwa. Museum Angkut memang masih terbilang baru yakni diresmikan tahun 2014. Tapi tempat ini langsung populer di kalangan traveler.

3. Museum Sonobudoyo - Yogyakarta

Museum Sonobudoyo (Sumber: Instagram/mariostarredler)
Museum Sonobudoyo (Sumber: Instagram/mariostarredler)

Museum ini memiliki koleksi budaya dan sejarah Jawa paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Berdasarkan situs resminya, Museum Sonobudoyo memilki 43 rubu koleksi (data tahun 2006). Mulai dari keramik zaman Neolitik, patung perunggu abad ke-8 hingga beberapa macam bentuk wayang kulit ada di sana.

Museum Sonobudoyo sendiri memiliki sejarah yang panjang. Yayasan Java Instituut mendirikan sebuah museum tahun 1931 dengan anggota antara lain Ir.Th. Karsten P.H.W. Sitsen, Koeperberg. Menariknya pada malam hari museum ini kerap menampilkan pertunjukan wayang kulit dalam bentuk penampilan aslinya yakni menggunakan bahasa Jawa dan alunan gamelan.

4. Museum Zoologi - Bogor

Museum Zoologi (Sumber: Instagram/niken_wul)
Museum Zoologi (Sumber: Instagram/niken_wul)

Museum Zoologi bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Museum dengan arsitektur Eropa ini sudah memiliki koleksi satwa dari tahun 1894. Jumlah koleksinya hingga jutaan yang ditaruh dalam 24 ruangan terpisah. Museum ini juga sangat dingin karena menjaga keutuhan koleksi. Jadi jangan lupa membawa jaket kalau mau melihat koleksi di sana.

Museum Zoologi terbagi dua. Pertama dibuka setiap hari untuk umum yang letaknya di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor. Sementara museum kedua juga untuk umum tapi hanya dibuka setahun sekali pada bulan Oktober. Lokasi museum kedua berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH