Kunjungi Pengungsi Rohingya, Kepala UNHCR: Saya Benar-benar Terpukul

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 25 September 2017
Kunjungi Pengungsi Rohingya, Kepala UNHCR: Saya Benar-benar Terpukul
Pengungsi Rohingya berlindung dari hujan di sebuah kamp di Cox's Bazar, Bangladesh, Minggu (17/9). (ANTARA FOTO/REUTERS/Cathal McNaughton)

MerahPutih.com - Kepala Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR) Filippo Grandi menyatakan keterkejutannya atas kekerasan mengerikan terhadap pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar.

Lebih dari 420.000 muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh sejak 25 Agustus. Tindakan kekerasasan militer Myanmar dipicu ketika para gerilyawan melakukan serangan terhadap pos-pos kepolisian dan militer di Rakhine. PBB menganggap balasan tersebut sebagai tindakan pemusnahan etnis.

Dalam kunjungannya ke tempat pengungsian Kutapalong, Bangladesh tenggara, dekat perbatasan dengan Myanmar, Filippo Grandi mengatakan bahwa pengungsi Rohingya telah menceritakan kisah mereka kepadanya.

"Saya benar-benar terpukul oleh ketakutan yang menghantui mereka dan apa yang telah mereka lalui," katanya di pengungsian tersebut, tempat para pengungsi tinggal di bawah ribuan terpal yang didirikan di daerah perbukitan dan sawah.

"Orang tua mereka tewas, keluarga terpisah, beberapa luka, perkosaan dilakukan terhadap wanita. Ada banyak kekerasan mengerikan terjadi dan akan memakan waktu lama bagi mereka untuk pulih, lebih lama dari proses pemberian bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka," kata Grandi.

Kecepatan dan besarnya arus pengungsi dari Myanmar telah menyebabkan ratusan ribu orang hidup dalam kondisi memprihatinkan, dan PBB serta badan-badan bantuan berusaha memberikan mereka bantuan tempat berlindung, bahan makanan, dan mencegah penyebaran wabah penyakit.

Seorang pejabat tinggi PBB mengatakan pada Jumat bahwa dibutuhkan dana sekitar USD 200 juta (Rp 2,7 triliun) untuk membantu pengungsi di Bangladesh selama enam bulan. (*)

Sumber: ANTARA

#Pengungsi #Pengungsi Rohingya #Myanmar
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan