Kunjungan Wisman Naik Hampir 12 Persen, Kemenpar Buat Tiga Program Strategis

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 03 Juli 2018
Kunjungan Wisman Naik Hampir 12 Persen, Kemenpar Buat Tiga Program Strategis
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya talkshow "YOUTH x Public Figure: Bapak Arief Yahya x Erix Soekamti" berlangsung di XXI Epicentrum Studio I Jakarta, Jumat (29/6). Foto: Kemenpar

MerahPutih.com - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Mei 2018 sebanyak 1,20 juta kunjungan atau naik 4,55% dibandingkan Mei 2017 sebanyak 1,15 juta kunjungan berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (2/7)

Sementara itu secara kumulatif dari Januari hingga Mei 2018 jumlah kunjungan wisman sebanyak 6,17 juta kunjungan atau naik 11,98 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2017 berjumlah 5,51 juta kunjungan.

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (3/7), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik capaian wisman pada Januari-Mei 2018 yang tumbuh 11,89 persen.

“Tahun ini kita menargetkan kunjungan 17 juta wisman atau meningkat 17,64% dari capaian tahun 2017 sebanyak 14,04 juta kunjungan,” kata Menpar Arief.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Foto: Kemenpar



Untuk mencapai target 17 juta kunjungan wisman pada tahun ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan stakeholder pariwisata dan airlines melakukan tiga program strategis yaitu Hot Deals ViWI (Visit Wonderful Indonesia) 2018, pemberian insentif kepada airlines, serta digital marketing platform competing destination model (CDM).

Menpar Arief menjelaskan, pada lima bulan pertama jumlah kunjungan wisman sebesar 6,17 juta atau rata-rata 1,23 juta per bulan. Untuk mencapai target 17 juta wisman, jumlah kunjungan wisman harus mencapai rata-rata 1,4 juta per bulan.

“Kalau kita tidak melakukan apa-apa, akhir tahun hanya dapat 14,76 juta, sedangkan dengan melakukan tiga program strategis tersebut diharapkan akan mendapat tambahan sekitar 5 juta wisman sehingga target 17 juta wisman akan tercapai,” kata Menpar Arief.

Foto: BPS

Menpar Arief merinci untuk mendapatkan tambahan 5 juta wisman tersebut yakni dengan dengan memberikan insentif kepada airlines untuk melakukan bundling tiket atau sebagai More for Less (you get more, you pay less). Dari kegiatan ini diharapkan akan mendapatkan tambahan sebanyak 1,5 juta wisman.

Sedangkan dalam program Hot Deals ViWI 2018 yang diinisiasi 18 stakeholder pariwisata dengan menerapkan konsep sharing economy, diharapkan akan mendapatkan 2,5 juta wisman. Sementara untuk program platform digital CDM diproyeksikan akan mendapatkan 1 juta wisman. (*)

#Arief Yahya #Kementerian Pariwisata #Badan Pusat Statistik (BPS) #Wisatawan Mancanegara (Wisman)
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan