Wisata Indonesia
Kunjungan Turis Mancanegara Turun 86,31 Persen Kunjungan Turis Mancanegara turun 86.31 Persen. (Foto: Unsplash/Hakan Nural)

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada November 2020 mengalami penurunan derastis. Jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada November 2019, Indonesia mengalami penurunan sebesar 86,31 persen.

Dikutip dari Antara Bali, Senin (4/1), dalam paparan secara virtual Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto menjelaskan bahwa jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada November 2020 mencapai 175,31 ribu kunjungan. Meningkat sebesar 13,90 persen dari bulan Oktober 2020 yang hanya mencapai 153,9 ribu kunjungan.

Baca juga:

Pekerja Kantoran WFH di Bali Starter Pack

"Kunjungan wisman di bulan November 2020 sebesar 175,3 ribu kunjungan. Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, secara year on year (yoy) masih minus 86,31 persen. Namun secara bulanan wisman ini menunjukkan tren yang cenderung meningkat," kata Setianto.

Jumlah kunjungan wisman terbagi dalam tiga jalur. (Foto: Unsplash/Jordan Sanchez)

Jumlah kunjungan wisman terbagi menjadi tiga jalur. Sebagian besar masuk melalui darat sebanyak 88,6 ribu orang (50 persen), lalu disusul dengan pintu masuk jalur udara sebanyak 43,3 ribu orang (25 persen), dan pintu masuk jalur laut sebanyak 43,3 ribu orang (25 persen).

Sementara itu, wilayah Entikong, Kalimantan Barat menjadi pintu masuk wisman yang mengalami kenaikan paling besar, disusul Aruk, Kalimantan Barat, dan Atambua, Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan untuk pintu masuk jalur udara, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada November 2020 mengalami penurunan besar, yakni 94,42 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman bulan November 2019.

Baca juga:

Wajib Mampir di 9 Destinasi Wisata Alam Terbaik Malang

Jika dibandingkan dengan bulan Oktober 2020, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia melalui jalur udara mengalami kenaikan yang cukup signifikan, sebesar 240,13 persen.

"Kenaikan terbesar lewat Bandara Juanda, kemudian Bandara Soekarno Hatta, secara month to month (mtm atau bulanan) mengalami peningkatan," ujarnya.

Wisman melalui jalur laut juga mengalami penurunan dibandingkan 2019. (Foto: Unsplash/Josiah Weiss)

Dari sisi pintu masuk laut, jumlah kunjungan wisman sebanyak 358,26 ribu kunjungan pada November 2019 menjadi 43,34 ribu kunjungan pada November 2020, mengalami penurunan 87,90 persen.

Jika dibandingkan dengan Oktober 2020, pada tiga pintu masuk utama, yakni Batam Kepulauan Riau, Tanjung Benoa Bali, dan Tanjung Uban Kepulauan Riau, jumlah kunjungan wisman pada November 2020 melalui jalur laut justru meningkat sebesar 1,94 persen.

"Secara bulanan dari ketiga pintu masuk tersebut menunjukkan peningkatan positif namun secara tahunan masih menunjukkan penurunan," ujar Setianto.

Secara kumulatif jumlah kunjungan wisman ke Indonesia dari Januari-November 2020, mencapai 3,89 juta kunjungan. Jumlah ini turun 73,60 persen dibandingkan dengan jumlah 14,73 juta kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2019. (kna)

Baca juga:

Ketika Danau Irigasi Jadi Tempat Plesir

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Wisata Alam Tidak Perlu Jauh-jauh, Ke Mulyaharja di Bogor Aja
Travel
Wisata Alam Tidak Perlu Jauh-jauh, Ke Mulyaharja di Bogor Aja

Sebelumnya, Mulyaharja sempat menjadi salah satu kelurahan termiskin

Bangkitkan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Luncurkan Panduan Protokol K4
Travel
Bangkitkan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Luncurkan Panduan Protokol K4

Pariwisata akan kembali dihidupkan dengan panduan protokol K4.

Sumber Karbohidrat Alternatif ala Indonesia
Kuliner
Sumber Karbohidrat Alternatif ala Indonesia

Pengetahuan akan sumber karbohidrat selain beras amat penting untuk menghindarkan kita dari rawan pangan.

Menghidupkan Kembali Permainan Ketapel Tradisional
Tradisi
Menghidupkan Kembali Permainan Ketapel Tradisional

Sejumlah peserta berlatih permainan ketapel tradisional di lapangan Persatuan Ketapel Tradisional Indonesia Kimpul Kuning, Parung Serab, Kota Tangerang, Banten

Pelayanan Khusus Hotel JHL Solitaire Gading Serpong saat Pandemi COVID-19
Travel
Pelayanan Khusus Hotel JHL Solitaire Gading Serpong saat Pandemi COVID-19

Dengan menggunakan masker, seorang tamu melakukan konfirmasi pemesanan kamar di hotel JHL Solitaire Gading Serpong, Tangerang, Banten, Rabu, 22/4/2020). Pelayanan hotel saat pandemi virus corona (Covid-19) tetap tersedia dengan sejumlah ketentuan dari Pemerintah untuk menutup seluruh restaurant yang ada di dalamnya. Namun hotel juga menyediakan fasilitas layanan antar gratis makanan ke kamar maupun untuk pelanggan di rumah. Selain itu hotel juga menyediakan promo paket menginap mulai dari 7 malam, 14 malam hingga 30 malam pada pandemi kali ini

Mulai Langka, Makanan Khas Papua Ini Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh
Kuliner
Starter Pack Orang Indonesia Salah Kostum ke Pantai
Travel
Starter Pack Orang Indonesia Salah Kostum ke Pantai

Apa kamu pernah menjadi salah satunya?

5 Tempat Kuliner Khas Bali Ini Bikin Kamu Susah Move On dari Kelezatannya
Kuliner
5 Tempat Kuliner Khas Bali Ini Bikin Kamu Susah Move On dari Kelezatannya

Dijamin, kamu akan nambah terus saat menyantap 5 kuliner khas Bali ini.

Mulai Bergeliat, Destinasi Wisata Jabar Terbatas untuk Warga lokal
Travel
Tempat Nongkrong Seru di Surabaya
Kuliner
Tempat Nongkrong Seru di Surabaya

Surabaya punya tempat nongkrong seru dan asyik.