Kunjungan Menlu Retno Dapat Sambutan Istimewa dari PM China Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. ( ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.Com - Kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Beijing mendapat sambutan istimewa dari PM China Li Keqiang. Kehadiran Menlu Retno di China dalam rangkaian Pertemuan Ke-3 Komisi Bersama Kerja Sama Bilateral Indonesia-China. Pertemuan tersebut berlangsung 8-9 Februari.

"Saat ini menjelang Tahun Baru China. Biasanya kami tidak menerima kunjungan. Tapi (tidak seperti biasanya) karena Indonesia mitra terpenting kami," ujar Li Keqiang saat menerima kunjungan kehormatan Menlu Retno di ruang kerjanya di kawasan Zhong Nan Hai, Beijing, Jumat (9/2).

Sesuai jadwal, seharusnya PM Li menerima Menlu Retno pada sore hari. Namun karena dianggap penting, maka PM Li menerima Menlu Retno pada pukul 10.30 waktu setempat (09.30 WIB).

"Kami sangat berterima kasih sekali atas kunjungan ini," ujar Li Keqiang seraya berharap hubungan bilateral China-Indonesia makin meningkat pada masa-masa mendatang.

Menanggapi hal itu, Menlu Retno sebagaimana dilansir Antara, juga menyatakan terima kasih atas sambutan PM Li tersebut.

"Hubungan ekonomi dan perdagangan kami dengan China makin meningkat. Kami berharap agar ke depan hubungan ini juga saling menguntungkan kedua negara," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, PM Li didampingi Menlu Wang Yi dan Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian, sedangkan Menlu Retno Marsudi didampingi Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI Desra Percaya dan Kuasa Udaha Ad-Interim KBRI Beijing Listyowati.(*)


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH