Kunci Kontak Tersangkut, Apa yang Harus Dilakukan?

P Suryo RP Suryo R - Senin, 04 Desember 2023
Kunci Kontak Tersangkut, Apa yang Harus Dilakukan?
Ada beberapa faktor kunci kontak tak mau lepas dari lubang kunci. (Pexels/Jonathan Cooper)

BADAN terasa penat dan letih setelah menembus kemacetan dengan mobil. Kamu sudah memarkirkan mobil dengan benar. Mesin mobil sudah dimatikan. Tapi kunci kontak tak mau tercabut dari tempatnya.

Meskipun ini tidak membuat kamu terjebak di dalam mobil, namun jika kamu meninggalkan kuci di tempatnya malah mengundang masalah baru. Potensi mobil dicuri orang sangat besar.

Baca Juga:

Hati-Hati, Kunci Mobil Berbasis Bluetooth Bisa Diretas

mobil
Lubang kunci kontak hanya dirancang untuk menahan anak kunci saat mobil diaktifkan. (Unsplash/Laura Gariglio)

Lubang kunci kontak hanya dirancang untuk menahan anak kunci saat mobil diaktifkan. Jadi jika kunci kamu tidak keluar, maka ini adalah indikasi lubang kunci atau anak kunci bermasalah. Ada beberapa penyebab pada situasi ini. Tetapi kabar baiknya adalah sebagian besar penyebabnya sangat sederhana dan dapat diatasi hanya dengan sedikit sentuhan.

Melansir dari Slashgear, kunci tersangkut bisa disebabkan karena lubang kunci (ingnition) kotor. Kotor disini bukan berarti adanya lumpur atau tanah yang masuk kedalam lubang kunci. Ini karena ada beberapa serpihan logam dari kunci yang tersangkut di dalamnya.

Penyebab lainnya adalah pengaturan mobil yang tidak tepat. Ketika kamu memarkir mobil dan hendak mengeluarkan kunci, mobil kamu perlu disetel dengan cara yang sangat khusus untuk memudahkan proses pengeluaran kunci tersebut.

Spesifik, pemilihan gigi harus dalam posisi parkir dan setir harus berada di tengah. Jika kamu masih dalam posisi mengemudi atau setir terlalu miring ke satu sisi, kunci kontak tidak akan melepaskan kunci sebagai tindakan pencegahan.

Baca Juga:

Jangan Matikan Mesin Kala Mobil Berjalan, Bahaya!

kunci
Bisa menekan sedikit lubang kunci kontak dan menggoyangkan kunci untuk melepaskannya. (Pexels/Wavy_ revolution)

Bisa jadi kunci kontak tidak diputar sepenuhnya. Ingat, ketika kamu memutar kunci satu tingkat, itu akan menyalakan aksesori di mobil seperti lampu dan radio. Kamu harus mematikan kunci kontak sepenuhnya untuk melewati mode aksesori.

Bagaimana caranya mengeluarkan kunci yang tersangkut? Jika kamu menggunakan transmisi otomatis, cobalah untuk menggoyangkan batang transmisi. Mungkin saja kamu tidak sepenuhnya menggeser ke posisi parkir, sehingga kunci kontak tidak terbuka.

Kamu juga bisa menekan sedikit lubang kunci kontak dan menggoyangkan kunci untuk melepaskannya. Untuk menggoyangkannya juga harus perlahan, jika kamu menggoyangkannya secara berlebihkan. Kunci kamu malah rusak nantinya. (aqb)

Baca Juga:

Solusi Menyalakan Mesin Mobil Keyless ketika Baterai Remote Habis

#Otomotif #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan