Kumpulkan 21 Emas, Indonesia Kokoh di Puncak Klasemen ASEAN Para Games

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 02 Agustus 2022
Kumpulkan 21 Emas, Indonesia Kokoh di Puncak Klasemen ASEAN Para Games
Kontigen Indonesia meraih emas di cabor atletik yang diadakan di Stadion Manahan Solo, Senin (1/8). (MP/Official NPC)

MerahPutih.com - Kontingen Indonesia berada di puncak klasemen sementara di ajang ASEAN Para Games (APG) ke-XI 2022, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/8).

Perolehan medali kontingen Indonesia pada hari ketiga APG yakni 21 emas, 14 perak, dan 8 perunggu dengan total keseluruhan 44 medali.

Pada Senin (1/8), kontingen Indonesia meraih tambahan menjadi 20 medali emas, 15 perak dan 8 perunggu. Medali tersebut diperoleh dari empat cabang olahraga (cabor).

Baca Juga:

Peraih Medali Paralimpiade Tokyo Berebut Emas di Para Atletik ASEAN Para Games

Di mana para atletik menyumbangkan 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Para angkat berat menyumbangkan 5 emas dan 1 perak. Para renang menyumbangkan 7 emas, 9 perak dan 7 perunggu. Kemudian para tenis meja menyumbangkan 6 emas dan 4 perak.

Untuk klasemen kedua dan ketiga ditempati Thailand dan Vietnam. Thailand menempati peringkat kedua dengan 14 emas, 14 perak dan 6 perunggu, dengan total 34 medali.

Sedangkan Vietnam berada di posisi ketiga dengan raihan 26 medali, dengan perincian 10 emas, 6 perak, dan 10 perunggu.

Baca Juga:

ASEAN Para Games: Para Tenis Meja Indonesia Persembahkan 6 Medali Emas

Pelatih atletik Indonesia Slamet Widodo mengatakan, perolehan medali emas cabang olahraga para atletik dalam hari pertama ASEAN Para Games 2022 melampaui target awal. Sebanyak 11 medali emas berhasil diraih dari target awal 10 keping.

"Kami optimistis sebagai tuan rumah akan menjadi juara umum. Atletik menjadi cabang olahraga yang menyumbangkan medali sebanyak-banyaknya," kata Slamet, Senin (1/8).

Ia mengatakan, pencapaian medali tersebut belum seluruhnya dilakukan upacara penghormatan pemenang (UPP)
karena baru dua yang sudah diberikan dalam UPP, yakni nomor 100 meter T42 atas nama Evi dan nomor 100 m T46 atas nama Firsa.

"Yang lain di antaranya lempar cakram dan tolak peluru belum UPP," ucap dia.

Atlet peraih emas Nur Ferry Pradana mengaku sangat bersyukur dan puas dengan hasil yang diperolehnya. Ia berharap ini jadi motivasi atlet lainnya.

"Saya ikut di lima nomor, tiga individu dan dua nomor estafet. Saya sangat bersyukur bisa bertanding secara maksimal," pungkas Ferry. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Indonesia Pimpin Klasemen Sementara Medali ASEAN Para Games 2022

#Breaking #ASEAN Para Games
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan