Kulit Sensitif? Perhatikan Aturan Make-Up Berikut Agar Tidak Iritasi Make-up untuk kulit sensitif (Sumber: L'Oreal Paris)

DANDAN tantangan tersendiri bagi mereka yang berkulit sensitif. Produk yang keras atau tidak sesuai kulit akan menimbulkan reaksi berlebihan. Pakar Kesehatan Kulit, Pusat Hidroterapi Avène, Joëlle Nonni menjelaskan beberapa hal yang harus dipersiapkan si pemilik kulit sensitif agar kulitnya baik-baik saja saat dirias:

1. Pra-makeup

Makeup sensitif
Aplikasikan skin care (Sumber: Lancome)

Persiapan pra riasan penting dilakukan tak hanya oleh mereka yang memiliki kulit sensitif tetapi semua perempuan.

Pra riasan membuat kulit wajah lebih siap dan terlindungi saat memakai riasan wajah. Hal yang bisa dilakukan untuk pra-riasan yakni dengan mengaplikasikan skin care terutama yang mengandung hidrator atau pelembab.

"Jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, kamu harus melembabkan dengan sangat baik," kata Nonni. Dia menyarankan pemilik kulit sensitif untuk menyemprotkan thermal water langsung di wajah yang akan dirias. Tujuannya untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit yang teriritasi.

Kamu dapat menyemprotkannya ke jaringan dan mengompres wajah (Nonni menyarankan untuk membiarkannya selama 15 menit). Selanjutnya aplikasikan moisturizer agar kulit tetap lembab. "Lakukan dengan gerakan memutar. Gerakan itu paling tepat," jelas Nonni.

2. Bahaya Riasan Mineral dan organik

Makeup natural
Make-up organik (Sumber: Allure)

Banyak yang menganggap makeup berlabel "alami" secara otomatis menenangkan kulit sensitif. Padahal tidak selalu demikian. Kamu masih perlu memperhatikan bahan-bahannya. "Jika ada bahan pewangi pengawet, itu tidak aman lagi," Nonni memperingatkan.

Baca Juga:

Tutorial Glam Look Untuk Make-up Kondangan

3. Solid lebih aman

Makeup solid
Makeup padat (Sumber: Amazon UK)

Para pemilik wajah sensitif ragu-ragu saat diminta mengaplikasikan riasan yang lebih padat karena menganggapnya mengandung banyak kuman.

Padahal, jenis riasan ini justru paling tepat diaplikasikan untuk pemilik wajah sensitif.

"Formula stick atau compact lebih mudah diproduksi tanpa pengawet karena tidak mengandung air yang menjadi tempat bersarangnya bakteri," jelasnya.

4. Tanggal kedaluwarsa

Makeup expire
Perhatikan logo di kemasan (Sumber: Glo Skin Beauty UK)

Produk kecantikan biasanya dilengkapi dengan simbol tertentu di kemasannya seperti 6M (6 month/ 6 bulan) atau "12M(12 month), dan lain — lain. Simbol tersebut menjadi petunjuk berapa lama suatu produk dapat bertahan usai kemasan dibuka. "Ini cukup sederhana, tetapi penting," Nonni menekankan.

Baca Juga:

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Wajah, Sudah Tahu?

5. BB Cream sebagai ganti foundation

BB Cream
BB Cream lebih ringan (Sumber: L'Oreal Paris)

"Pigmen meningkatkan kekeringan pada kulit. Sementara BB mengandung lebih sedikit pigmen daripada foundation," kata Nonni menjelaskan alasannya mensugesti penggunaan BB Cream.

Tip besar lainnya? Gunakan bedak seminimal mungkin. Bedak dapat menghisap minyak wajah sehingga kulit kering. Itu dapat memperburuk sensitivitas. Jika kamu benar-benar mengandalkan bedak, ketuk kelebihannya sebelum mengaplikasikannya untuk memastikan kamu menggunakan jumlah minimum.

6. Pahami reaksinya

Riasan pigmentasi
Makeup berpigmentasi tinggi (Sumber: The Daily Edge)

"Eyeshadows memiliki banyak pigmen, dan jika kamu memilih lebih banyak warna, maka dapat meningkatkan kemungkinan alergi," kata Nonni. Dia menambahkan bahwa warna yang lebih netral seperti krem atau cokelat jarang menimbulkan reaksi buruk. Sementara warna biru, hijau, ungu, dan warna lainnya "tidak begitu aman." Hal yang sama berlaku untuk lipstik yang berwarna merah terang dan ungu tua. "Ada banyak pigmen, yang mengeringkan bibir," tukasnya. (avia)

Baca Juga:

Tips Sulap 'Skin' 'Care' Menjadi 'Make-Up'

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH