Kulit Sehat dan Bersih untuk Pria Jagalah kulit dengan memperhatikan asupan nutrisi: (Foto: freegreatpictures)

BUKAN perempuan saja yang boleh berpayah-payah menjaga kulitnya tetap sehat dan bersih. Pria sudah saatnya lebih memperhatikan kulitnya untuk lebih sehat dan bersih. Caranya tidak sulit, sangat sederhana saja. Hanya saja yang dibutuhkan adalah kedisiplinan untuk menjaganya.

Seperti yang diltuliskan oleh laman Go Dok, keinginan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih sudah mulai menjadi prioritas para pria. Karenanya, tidak aneh jika banyak merek kosmetik yang mulai meluncurkan barisan produk perawatan kulit khusus bagi pria.

Para pria, menggunakan produk perawatan kulit secara rutin saja tidak cukup jika tidak diiringi dengan membiasakan diri untuk menjalani pola hidup bersih dan sehat. Berikut tips yang bisa dilakukan oleh pria.

Cuci Muka

male
Bersihkanlah muka dengan sabun khusus muka. (Foto: howstuffworks)


Kamu harus rajin mencuci wajah dan tubuh setiap hari setelah beraktivitas. Setelah melakukan aktivitas sehari-hari, kotoran dan debu akan menempel di wajah dan kulit tubuh. Jika tidak dibersihkan dengan segera, hal tersebut akan membuat kulit terlihat kusam. Biasakan untuk membasuh tubuh setidaknya satu kali sehari. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memulai kebiasaan membersihkan muka dengan menggunakan sabun wajah serta toner setiap habis beraktivitas. Hal ini untuk membuang debu, bakteri, serta kuman penyebab berbagai masalah kulit, seperti jerawat, komedo, dan lain-lain.

Begadang

male
Begadang main game membuat kulit menjadi tidak sehat. (Foto: Pexels/Jamie McInall)


Kegiatan yang satu ini memang suka dilakukan oleh pria. Entah nonton pertandingan sepak bolah, bermain game di komputer, mengerjakan tugas kantor atau hal-hal lainnya. Kebiasaan tidur terlalu larut tidak baik bagi kesehatan kulit. Terganggunya waktu istirahat membuat proses regenerasi kulit berjalan tidak optimal. Hasilnya? Muka terlihat kering dan kusam karena sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Paparan Sinar Matahari

crowd
Hindari paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV. (Foto: Pexels/Pixabay)


Sebaiknya kamu menghindari paparan sinar matahari langsung. Jika terlalu sering terpapar, ultra violet yang ada dalam sinar matahari dapat membuat pigmen kulit menggelap. Solusinya, pakailah tabir surya yang mengandung UV blocker dengan komposisi titanium dioksida, oksida, serta SPF 35.

Pola Makan

makan
Konsumsilah makanan bernutrisi. (Foto: Pixabay/Levoqd)


Perawatan kulit dari luar saja tidak cukup. Menjaga kesehatan kulit dari dalam dengan cara bijak menerapkan pola makan yang teratur dan bernutrisi seimbang. Kebiasaan konsumsi makanan tidak sehat bukan saja akan membuat kulit kekurangan nutrisi penting seperti mineral dan vitamin. Termasuk dapat meningkatkan produksi minyak di pori-pori wajah.

Pola Hidup Sehat

male
Hilangkanlah kebiasaan merokok. (Foto:Pexels/Mark Rz )


Perhatikanlah pola hidup yang kebanyakan dari kita sering meremehkannya. Seperti kebiasaan minum air putih, rutinitas berolahraga, sampai kebiasaan merokok dapat mempengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh, yang tentunya berakibat pada kondisi kulit. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH