Kuliner Tradisional Berbahan Bunga, Kepikiran Gak Sih? Tumis bunga pepaya. (Foto: Instagram@bakusayang_restaurant)

INDONESIA terkenal dengan surga kuliner. Makanan tradisional yang tadinya menjadi hidangan perayaan tradisional, keluarga, atau rumahan, saat ini sebagian sudah dikonsumsi publik dengan diperdagangkan. Kini menu street food atau jajanan jalanan diramaikan dengan banyak menu tradisional.

Kalau kamu dapat cerita dari warga Indonesia yang tinggal di luar negeri, apa yang mereka bikin kangen di sini ketika berada jauh di perantauan? Jawaban salah satunya pasti makanan. Ada banyak makanan khas yang tak bisa ditemukan di negara lain.

Keunikan makanan khas Indonesia dari rasanya tentu saja. Rasa tersebut tak bisa lepas dari pemilihan bahan dan mengolah bumbu-bumbu rempah menjadi makanan siap saji yang mengeluarkan cita rasa luar biasa. Soal pemilihan bahan, orang Indonesia jagonya.

Beberapa bahan kuliner Indonesia menggunakan bahan yang tidak biasa. Di negara lain mungkin di buang jauh-jauh atau diabaikan sebagai makanan. Tapi di sini, sumber daya alam yang melimpah menjadikan masyarakat Indonesia berpikir untuk memanfaatkannya sedemikian rupa.

Salah satu bahan yang dianggap cukup unik yaitu bunga atau kembang. Beberapa kembang diolah menjadi makanan super lezat. Berikut merahputih.com sajikan 5 makanan tradisional berbahan kembang yang wajib kamu coba;

1. Pecel Kembang Turi

Pecel kembang turi. (Foto: Instagram/ddewii30)
Pecel kembang turi. (Foto: Instagram@ddewii30)

Pecel kembang turi menjadi salah satu kuliner khas Madiun. Kembang turi yang berwarna putih-hijau menjadi tambahan bahan yang khas dan memberika cita rasa berbeda, dicampur bersama beragam sayuran lain seperti kacang panjang dan daun singkong.

Pohon turi (Sesbania grandiflora) merupakan tumbuhan berdaun kecil yang banyak ditemukan di banyak daerah. Bunganya berukuran besar keluar dari ranting. Ketika mekar bunga turi mirip kupu-kupu.

2. Tumis Bunga Pepaya

Tumis bunga pepaya. (Foto: Instagram/warungudik)
Tumis bunga pepaya. (Foto: Instagram@warungudik)

Tumis bunga pepaya merupakan makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Bunga pepaya memiliki rasa yang sedikit pahit namun ketika diolah menjadi sebuah masakan terasa sangat nikmat. Tumis bunga pepaya biasa dicampur dengan ikan cakalang dan daun kangkung.

Bunga pepaya merupakan salah satu bunga yang memiliki bentuk menyerupai terompet namun sangat kecil dan berwarna kuning cenderung putih.

3. Sambal Bunga Honje

Sambal bunga honje. (Foto: Instagram/lutzi_admi/)
Sambal bunga honje. (Foto: Instagram@lutzi_admi)

Salah satu sambal andalan nusantara yaitu sambal bunga honje. Sambal bunga honje menciptakan rasa unik antara hangat dan segar. Sambal bunga honje biasanya tetap dicampur dengan batang muda honje atau bongkot yang terlebih dahulu dibakar.

Kecombrang atau honje (Etlingera elatior) adalah sejenis tumbuhan rempah yang bunga, buah dan bijinya bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sebutan untuk sayuran ini diantaranya: kincung (Medan), kincuang dan sambuang (Minangkabau), patikalla (Sulawesi), kecicang (Bali).

4. Pepes Bunga Karamunting

Bunga harendong. (Foto: Instagram/nurmahidah)
Bunga harendong. (Foto: Instagram@nurmahidah)

Pepes bunga karamunting mungkin tidak ditemukan di banyak daerah. Sebagian wilayah di Banten menjadikan bunga karamunting atau dalam bahasa setempat disebut harendong sebagai pepes dicampur dengan minyak kelapa, bawang merah, dan tomat. Meski sederhana, makanan ini cukup enak dan mengeluarkan bau yang harum.

Karamunting atau dalam bahasa Sunda disebut harendong sabrang diketahui memiliki banyak manfaat. Pemanfaatannya yaitu akar, daun, hingga buah. Bunganya kemunting berwarna ungu.

5. Sayur Lodeh Jantung Pisang

Lodeh jantung pisang. (Foto: Instagram/banda_ayu)
Lodeh jantung pisang. (Foto: Instagram@banda_ayu)

Sayur lodeh jantung atau bunga pisang merupakan makanan yang ditemukan di banyak daerah, seperti di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sayur lodeh jantung pisang memiliki rasa unik dengan rasa pahit dan kesat.

Bunga yang satu ini sudah cukup terkenal untuk dimasak. Bunga pisang memiliki bentuk seperti organ jantung manusia dengan warna merah keunguan. Rasa bunga pisang ini sedikit pahit dengan tekstur yang empuk. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Resep Nasi Tumpeng, Bisa Jamu Teman saat Ulang Tahun

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH