Kuliner Terekstrim di Korea Selatan, Berani Coba? Gurit mentah yang jeadi bahan kuliner sannakji. (Foto: instagram@photograchih)

NEGARA gingseng ini memiliki kuliner terekstrem yang nenbuat geleng-geleng kepala. Bahkan kuliner ini terkenal hingga melewati batas negara Korea. Rasa penasaran yang memancing wistawan untuk mencobanya. Berani coba?

Gaejang

gaejang
Menu ini terbuat dari kepiting mentah. (Foto: instagram@mauve_daytion)


Menu yang disajikan adalah kepiting. Lezat bukan? Jangan membayangkan kepiting yang dibalur saus lezat. Kepiting ini disajikan dalam keadaan mentah dan diberi kecap. Biasanya orang Korea memilih kepiting yang masih bayi. Karena kepiting ini memiliki daging yang enak untuk dimakan.


Gaebul

gaebul
Sajian yang bikin ngilu. (Foto: instagram@kimchipacker)

Gaebul merupakan makanan sajian sejenis cacing sendok. Cara penyajiannya sederhana saja, cukup dibersihkan dan dimakan mentah. Dilihat dari bentuknya saja sudah bikin ngilu ya. Namun kamu harus tahu bahwa masyarakat korea sudah biasa mengkonsumsi makanan ini lo!

Sundae

sundae
Usus sapi atau babi yang diberi isian. (Foto: instagram@stefaniemuliawan)

Kalau di dunia barat sundae adalah ek krim dengan berbagai cita rasa. Sementara di Korea, sundae adalah sajian yang terbuat dari usus sapi atau babi. Usus itu kemudian diisi dengan soun, sayur-sayuran, dan darah babi. Bagi sebagian orang makanan ini mungkin tidak layak untuk di konsumsi. Namun, bagi orang korea menjadikan makanan Sundae sebagai camilan tengah malam.

Sannakji

sannakji
Tentakel dari gurita yang masih hidup jadi sajian lezat. (Foto: instagram@danielleo081190)

Sannakji adalah hidangan yang berasal dari gurita yang masih hidup dan dimakan mentah-mentah. Gurita yang masih bergerak ini hanya dipotong tentakelnya yang langsung dikunyah di mulut. Potongan tentakel itu terlihat menggeliat di mulut saat digigit.

Hongeo

hongeo
Sup ikan fermentasi untuk camilan. (Foto: instagram@okeee0315)


Hongeo daging ikan yang melalui proses fermentasi. Hongeo seringkali dijadikan cemilan atau dibuat campuran sup oleh masyarakat korea.

Beondegi

beodegi
Selintas mirip keripik. (Foto: instagram@runastories)

Mungkin menu yang satu ini terkesan sangat ekstrim karena terbuat dari larva ulat sutera. Bentuknya memang terlihat aneh dan bikin ngilu. Sekilas Beondegi terlihat mirip dengan keripik.

Haejangguk

haejangguk
Sup yang biasanya dikonsumsi orang mabuk. (Foto: instagram@kangdbang)

Haejangguk adalah sejenis sup yang biasanya dikonsumsi orang yang tengah mabuk. Dengan memakan sup ini keesokan hari badan menjadi segar. Haejangguk adalah sup yang terbuat darah sapi yang telah dipadatkan dan sayuran. (gsl)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH