Kuliner Kroasia Vs Perancis, Jagokan Mana? Crepes. (Foto: Instagram@dominiqueopijburg)

KAMU jagokan mana Kroasia atau Perancis? Tapi bukan soal sepak bola ya, ini soal kuliner khasnya masing-masing.

Sekadar informasi, Kroasia dan Perancis menjadi perbincangan dunia kini. Kedua negara itu berhasil tembus menuju babak final. Kroasia menyingkirkan Inggris dan Perancis menyingkirkan Belgia pada semifinal.

Soal kuliner, Kroasia dan Perancis sama-sama kuat. Meski banyak disebut Perancis merupakan surga kuliner, dan hidangannya sangat kompleks hampir menyerupai Tiongkok. Tapi jangan salah, Kroasia punya banyak makanan-minuman unggulan yang menantang banyak pelancong ke negara.

Berikut merahputih.com sajikan 3 lawan 3 kuliner Perancis dan Kroasia. Siapa tahu jagoan kuliner kamu kamu bisa sama dengan jagoan di lapangan hijau.

1. Cevapi (Kroasia) Vs Beef Bourguignon (Perancis)

Cevapi. (Foto: Instagram/zarasaine)
Cevapi. (Foto: Instagram/zarasaine)

Kedua kuliner ini sama-sama olahan daging. Cevapi merupakan olahan daging dari sapi atau domba sejenis kebab. Daging dicincang dan dibumbui lalu dipanggang. Makanan yang disajikan dalam kue tipis jenis somun ini merupakan kuliner khas negara-negara Balkan termasuk Kroasia.

Beef Bourguignon. (Foto: Instagram/jolievintagejewels)
Beef Bourguignon. (Foto: Instagram@jolievintagejewels)

Sementara beef bourguignon merupakan kuliner khas Perancis olahan daging sapi yang dibikin sup. Daging sapi diolah unik dengan campuran anggur merah dan kaldu sapi.

2. Soparnik (Kroasia) Vs Crepes (Perancis)

Soparnik. (Foto: Instagram/restoran_zvizdan)
Soparnik. (Foto: Instagram@restoran_zvizdan)

Soparnik dan crepes sama-sama jenis penganan andalan kedua negara. Soparnik sekilas bentuknya mirip pizza. Soparnik dibuat dari adonan tepung, garam, air, dan minyak zaitun. Kuliner andalan Kroasia ini sangat renyak dan gurih.

Crepes. (Foto: Instagram/finnishscobberlotcher)
Crepes. (Foto: Instagram@finnishscobberlotcher)

Tak kalah dengan soparnik, crepes juga penganan penuh citarasa. Crepes sejenis panekuk tipis olahan terigu, telur, susu, mentega, dan garam. Sama seperti martabak di Indonesia, crepes terdiri dari dua jenis yaitu manis dan asin.

3. Rakija (Kroasia) Vs Wine (Perancis)

Rakija. (Foto: Pixabay/zalazaksunca)
Rakija. (Foto: Pixabay@DiscoveringMacedonia)

Nah, ini head to head minuman berkadar alkohol dari dua negara kuat sepak bola saat ini. Pertama dari Kroasia bernama rakija. Rakija atau disebut juga rakia sejenis brendi. Kadar alkohol dari rakija 40 % hingga 50 %. Rakija juga menjadi minuman nasional Serbia yang sebelumnya pernah bersatu dengan Kroasia.

Cognac. (Foto: Pixabay/stevepb)
Cognac. (Foto: Pixabay/stevepb)

Sementara Perancis punya wine. Perancis dikenal sebagai negara dengan produksi minuman anggur besar dengan angka 25 % produksi anggur dunia. Salah satu yang menjadi andalan Perancis adalah cognac (konyak). Sama seperti rakija, cognac juga merupakan minuman beralkohol jenis brendi. Minuman dua kali hasil penyulingan dan disimpan paling sedikit 2 tahun ini bisa menghasilkan kadar alkohol hingga 70 %. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kuliner Tradisional Olahan Telur, Pasti Pernah Coba

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH