Kesehatan
Kuliner Jahe Andalan Warga Negeri Aing untuk Jaga Kesehatan Jahe dipercaya memberi banyak manfaat. (foto: unsplash/lawrence aritao)

TANAMAN rimpang seperti jahe amat umum ditemukan di Indonesia. Hampir semua rumah tangga di negeri aing menyimpan jahe sebagai bumbu dapur. Tak hanya sebagai bumbu dapur, tanaman rimpang bernama latin Zingiber officinale ini juga dimanfaatkan sebagai bahan obat. Beberapa jamu dan minuman hangat menggunakan jahe sebagai bahan pembuat.

Di pasaran, ada tiga jenis jahe yang dikenal, yakni jahe gajah/jahe badak, jahe kuning, dan jahe merah. Pasar internasional lebih meminati jahe gajah/badak terutama karena rasanya yang tak terlalu pedas. Selain itu, bentuknya gemuk dan besar dengan warna kuning hingga putih.

BACA JUGA:

Karbo Ketemu Karbo, Kebiasaan Makan Orang Indonesia

Sementara itu, untuk bumbu masakan lokal, jahe yang favorit digunakan ialah jahe kuning. Rasa dan aromanya tajam, tapi ukuran rimpangnya sedang dengan warna kuning. Untuk keperluan farmasi dan jamu, jahe yang digunakan umumnya ialah jahe merah. Hal itu disebabkan kandungan minyak atsiri dan rasa jahe merah yang amat pedas. Rimpang jahe merah merupakan yang terkecil dengan warna kulit merah dan serat yang lebih besar ketimbang jahe biasa.

Apa pun jenis olahannya, jahe amat bermanfaat untuk tubuh. Warga negeri aing percaya olahan jahe yang hangat memberikan manfaat. Berikut berbagai olahan jahe khas negeri aing yang bikin badan sehat.

1. Wedang jahe atasi kram menstruasi

jahe
Wedang jahe usir kram saat menstruasi. (foto: pixabay)

Kaum perempuan pasti pernah mengalami rasa perut yang sakit seperti diremas ketika sedang haid. Ya, kram menstruasi memang mengganggu. Tidak jarang, kram perut yang mendera bikin perempuan gampang naik pitam. Sebagai penawar, memang tersedia obat penahan rasa sakit, tapi mengasup terlalu sering obat penahan rasa sakit bisa memberi kamu efek samping.

Daripada menelan obat, lebih baik pakai cara tradisional. Caranya, minumlah wedang jahe. Hangatnya jahe akan meredakan kembung dan rasa begah yang kerap muncul saat menstruasi.

Siapkan jahe yang dipotong tipis, air, dan gula merah. Rebus air sampai mendidih, masukkan jahe dan aduk. Setelah itu masukkan gula merah dan aduk sampai gula merah mencair. Biarkan selama beberapa menit dan angkat.

2. Teh lemon jahe madu bikin rileks

Teh lemon jahe bikin rileks. (foto: arrojol)

Tak ada yang lebih nikmat ketimbang kesempatan untuk rileks setelah seharian beraktivitas. Badan yang terasa lelah dan pegal tentu butuh penawar. Tak mungkin kan, pergi ke SPA setiap hari. Solusinya, kamu bisa menyeruput teh lemon jahe madu.

Cara membuatnya pun amat mudah. Rebus air terlebih dahulu, lalu masukkan daun teh dan potongan jahe. Selagi menunggu, kamu bisa menuang madu dan lemon di gelas. Setelah air jahe sudah mendidih, angkat, lalu saring. Ramuan teh lemon jahe madu pun siap kamu seruput.

3. Smoothie jahe wortel mangga tingkatkan energi

Smoothie wortel, mangga, dan jahe naikkan energimu. (foto: rumahsemuti)

Pernah enggak merasa energimu seperti terkuras? Di bulan puasa, tubuh memang mudah terasa lelah karena energi yang habis terpakai. Tubuh yang cepat lelah bikin rentan terserang penyakit lo. Oleh karena itu, kamu wajib menambah ebergi tubuh sehingga punya tambahan kekuatan untuk menjalankan aktivitas harian.

Selain dari makanan, kamu bisa mencoba smoothie jahe wortel mangga untuk meningkatkan energimu. Campurkan madu, mangga, dan wortel yang sudah dipotong-potong, jahe segar yang sudah diiris, air, dan sedikit yoghurt. Masukkan ke blender dan campurkan. Minuman penambah energi pun siap kamu nikmati.

4. Air infused jahe bersihkan tubuh dari racun

Infused water jahe dan lemon usir racun dari tubuh. (foto: penulispro)

Campuran lemon dan jahe memang udah terkenal banget sebagai minuman detoksifikasi tubuh. Cara membuatnya mudah banget kok. Potong kulit lemon dan bersihkan jahe. Penting banget untuk membuang kulit lemon, karena itu bisa bikin minuman kamu jadi pahit. Setelah itu, masukkan semuanya ke botol berisi air dan dinginkan semalaman di kulkas. Air infused jahe siap menemani kamu seharian.

5. Air sup jahe tumpas flu dan sakit tenggorok

sup jahe
Sup jahe dengan kaldu ayam usir flu. (foto: myrecipe)

Saat flu, semangkuk sup ayam amatlah dianjurkan. Nah, biar makin sehat, tambahkan jahe. Kuah sup akan bikin badan kamu hangat. Rasa hangatnya akan sangat melegakan ketika lewat di tenggorokan, apalagi kalau sedang berasa gatal-gatalnya.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu jahe yang sudah dipotong, bawang putih yang dimemarkan, air, perasan jeruk lemon, dan sedikit kaldu ayam. Tambahnan kaldu ayam akan membuat air sup menjadi semakin bercita rasa. Saat air sudah mendidih, masukkan jahe, bawang putih, dan kaldu ayam. Setelah aroma jahe dan bawang putih menguar, masukkan perasan jeruk lemon. Sajikan saat masih hangat ya.(dwi)

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Zodiak ini Kepincut Pesona Gemini
Fun
Zodiak ini Kepincut Pesona Gemini

Ada empat tanda zodiak yang selalu tertarik pada orang Gemini karena kepribadiannya yang bersemangat dan antusias.

Kalau Pernah Kena COVID-19, Bisa Menularkan ke Kucing
Fun
Kalau Pernah Kena COVID-19, Bisa Menularkan ke Kucing

kucing tidak dapat menularkan virus COVID-19 kepada manusia secara langsung.

Lorde Bakal Buat Album Baru, ini Detailnya
ShowBiz
Lorde Bakal Buat Album Baru, ini Detailnya

Semua hal yang diketahui mengenai album ketiga Lorde.

Cara Unik Tipu Istri Saat Beli PlayStation 5
Fun
Cara Unik Tipu Istri Saat Beli PlayStation 5

Suami ini mempunyai cara yang ia dapatkan dari kanal YouTube OreosRGud4U.

Permintaan Maaf Irene Red Velvet Atas Perlakuannya pada Seorang Stylist
ShowBiz
Permintaan Maaf Irene Red Velvet Atas Perlakuannya pada Seorang Stylist

SM Entertainment dan Irene Red Velvet meminta maaf atas perlakuannya terhadap seorang stylist.

Rahasia Tetap Aktif dan Ceria Meski Sudah Lansia
Fun
Rahasia Tetap Aktif dan Ceria Meski Sudah Lansia

menjadi penting untuk terus mempraktikkan kebiasaan hidup sehat agar kualitas hidup lansia menjadi jauh lebih baik.

Kanye West: Panggilan Jiwa Saya ialah Menjadi Pemimpin Dunia
ShowBiz
Kanye West: Panggilan Jiwa Saya ialah Menjadi Pemimpin Dunia

Kanye West dan Joe Rogan bertukar pikiran selama hampir 3 jam.

Ubah Pengalaman Berkemah Seperti Menginap di Hotel
Fun
Ubah Pengalaman Berkemah Seperti Menginap di Hotel

Biar suasana berkemah enggak gitu-gitu saja.

Aliando dan Adipati Dolken Jadi Pengisi Suara 'Warkop DKI Kartun'
ShowBiz
Aliando dan Adipati Dolken Jadi Pengisi Suara 'Warkop DKI Kartun'

Berkisah tentang tiga anggota Warkop DKI sebagai anggota CHIPS.

Joe Lara, Bintang Serial Tarzan, Meninggal
ShowBiz
Joe Lara, Bintang Serial Tarzan, Meninggal

Terlibat kecelakaan pesawat bersama istri dan lima orang lainnya.