Kuliner Indonesia Berharga Mahal di Luar Negeri Kuliner Indonesia memiliki nilai tinggi di luar negeri. (Foto: Unsplash/Conscious Design)

KULINER Indonesia selalu menjadi favorit bagi banyak orang luar negeri. Selain rasanya yang nikmat, kita juga bisa menikmati makanan khas nusantara dengan harga yang relatif cukup murah. Berbagai macam jenis makanan ini juga sangat mudah ditemukan di restoran atau tempat makan.

Namun kuliner yang biasa kita makan di Indonesia menjadi favorit di beberapa negara. Bahkan harganya berlipat-lipat dari di dalam negeri. Bisa jadi karena nilai tukar yang tinggi atau memang karena kelezatan masakannya yang pantas mendapatkan nilai tukar yang tinggi. Beberapa laman menuliskan kuliner Indonesia yang harganya tinggi dibandingkan dengan harga di Indonesia.

Baca Juga:

Lezat, Dodol Garut Daun Kelor Anti 'Stunting' Made In Puskesmas Pasundan

1. Rendang

makanan
Rendang yang sudah mendunia sebagai makanan terenak di dunia. (Foto: Pixabay/sharonang)

Makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di restoran padang. Biasanya kita bisa mendapatkannya dengan harga Rp15 ribu sampai Rp30 ribu tergantung beli dimana dan sudah dapat nasi dan sayur. Beda ceritanya jika kita beli di Amerika, perpotongnya bisa merogoh kocek sampai Rp150 ribu untuk sepotong daging rendang.

2. Sate

makanan
Cita rasa sate Indonesia berbeda dengan daging bakar lainnya. (Foto: Pixabay/saesherra)

Sate ada berbagai macam jenis di Indonesia, mulai dari sate kambing, ayam, babi, kelinci, dan lainnya. Hampir semua jenis sate menjadi makanan favorit masyarakat. Sate bisa dibeli mulai dari harga belasan ribu rupiah sampai Rp50 ribu jika beli di mall. Berbeda dengan jika kamu beli sate di Jerman, kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp150 ribu untuk menikmati seporsi sate.

3. Nasi goreng

makanan
Pemakaian rempah-rempah pada nasi goreng Indonesia yang membuatnya beda. (Foto: Pixabay/Rierosa222)

Nasi goreng juga merupakan makanan Indonesia yang sudah sangat mendunia. Olahan nasi ini bisa dinikmati kapan saja seperti sarapan, makan siang, atau makan malam. Biasa kita bisa beli nasi goreng ini dengan mudah dan murah tak sampai Rp20 ribu. Tapi di Amerika kita harus membayar sekitar Rp100-an ribu untuk sepiring nasi goreng.

Baca juga:

Hangatkan Tubuh dengan Wedang Khas Indonesia Ini!

4. Bakso

makanan
Bakso ada berbagai jenis dan berbeda-beda. (Foto: Pexels/Streetwindy Bui)

Di Indonesia kamu bisa menemukan bakso dengan mudah dan banyak variasi juga. Ada bakso granat, bakso telur, bakso keju, dan lain-lain. Semangkuk bakso dinikmati dengan harga paling mahal Rp20-an ribu tergantung varian yang kamu pilih. Di negara tetangga kita, Singapura, kamu harus mengeluarkan Rp50 ribu untuk semangkuk bakso.

5. Pisang goreng

makanan
Pisang goreng, salah satu camilan favorit Indonesia. (Foto: Unsplash/Anuja Mary Tilj)

Pisang goreng di Indonesia banyak sekali ditemukan di tukang gorengan atau bisa bikin sendiri karena cara bikin yang mudah dan enak. Biasa dijual dengan harga seribu rupiah per buahnya. Berbeda di Belanda, pisang goreng di hargai 5 euro atau Rp80-an ribu.

Kamu rela bayar yang mana nih untuk memenuhi keinginan lidahmu yang kangen dengan makanan Indonesia jika sedang berada di luar negeri? (lio)

Baca Juga:

Camilan yang Sangat Digemari Masyarakat Indonesia


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo