Kuliner Azerbaijan Populer di Jalur Sutra

P Suryo RP Suryo R - Senin, 30 Januari 2023
Kuliner Azerbaijan Populer di Jalur Sutra
Azerbaijan negara dengan pengaruh kuliner khas timur yang melimpah. (Unsplash/Hikmat Gafarzada)

SEJARAH kuliner Azerbaijan dapat ditarik kembali lebih dari 2 ribu tahun lamanya. Terletak di antara Timur dan Barat, di lokasi utama di rute perdagangan yang dikenal sebagai Jalur Sutra (Silk Road). Para pedagang di masa lampau melintas di Azerbaijan selama berabad-abad lamanya, membawa bumbu, bahan, dan pengaruh kuliner.

Kini, ragam kuliner dan masakan asal Azerbaijan memiliki keunggulan khas cita rasa Timur, bergesekan dengan hidangan dari negara tetangganya Iran dan Turki.

Makanan seperti kebab dan pilaf lokal khas Azerbaijan memiliki rasa yang kaya dan kenikmatan yang memuaskan. Banyak panganan lain yang bisa membuat lidah kita berselancar pada cita rasa khas timur, berikut beberapa diantaranya.

Baca Juga:

5 Makanan Korea yang Mudah Dibuat di Rumah

teh
Teh menjadi bagian tak terpisahkan pada masyarakat Azerbaijan. (Unsplash/Drew Jemmett)

Teh


Masyarakat Azerbaijan suka minum teh panas di musim panas sekalipun, ini diyakini oleh masyarakat Azerbaijan dapat membantu tubuh menjadi dingin secara alami. Penduduk setempat meminum tehdi antara waktu makan
dan hampir di setiap kesempatan. Bahkan di tengah maraknya budaya kopi di negara itu, kebanyakan orang Azerbaijan masih memulai hari mereka dengan teh.

Di banyak daerah di Azerbaijan, teh hampir selalu disajikan dengan keklikotu (oregano) atau kayu manis saat airnya direbus di atas samovar. Teh juga umumnya dimasak dengan menggunakan arang, menmbuat aromanya semakin kuat dan sangat berkarakter.


Qutab


Untuk masalah jajanan kaki lima, Azerbaijan memang terkenal dengan doner, yang merupakan sandwich daging ala Turki. Meskipun begitu, qutab adalah pilihan yang lebih ringan. Dibuat dengan lavash (roti pipih tipis), qutab klasik diisi dengan daging cincang, sayur-mayur, lalu dilipat dalam bentuk bulan dan digoreng di atas wajan datar tanpa minyak.

Tekstur Qutab bagian tengahnya lembut dan bertepi renyah, kemudian ditaburi sumac, sejenis bumbu tajam berwarna cerah, dan juga ditaburkan biji delima segar. Sementara itu, daging dan ramuan qutab disajikan dengan sayuran, susu asam berbusa yang telah dicampur dengan air dan garam. Untuk pecinta kuliner sejati, ada juga variasi qutab berukuran lebih kecil yang diisi dengan daging unta cincang, yang disebut jorat qutab.


Ayam levengi


Jika dilihat sekilas, ayam levengi bisa jadi menyerupai ayam panggang pada umumnya, tetapi di dalamnya ternyata ada rahasia lezat yang tersembunyi.

Di dalam hidangan ini terdapat isian yang terdiri dari bawang goreng, kenari panggang, kismis, plum kering, potongan buah ceri Cornelian kering, semuanya dicincang dan dibuat menjadi pasta. Kekayaan rasa dari kenari dan kenyalnya plum menjadikannya kombinasi yang wajib dicoba.

Baca Juga:

Asal-Usul Mi Panjang Umur, Hidangan Khas Imlek

kuliner
Qutab makanan Azerbaijan yang disajikan dengan yogurt disajikan pada piring kayu. (Unsplash/Farhad Ibrahimzade)


Dovgha


Sup berbahan dasar susu asam yang disebut sebagai Doghva ini, dapat disajikan sesuai musim. Baik panas maupun dingin, Doghva tetap enak untuk dinikmati. Doghva berisi nasi, segenggam buncis, dan aneka sayuran cincang halus.

Meskipun bahannya mudah, persiapannya cukup menantang karena dalam pembuatannya, koki diharuskan untuk terus mengaduk bahan campuran agar nasi tidak lengket.


Salad mangal

Salah satu kuliner khas Azerbaijan yang patut dilirik adalah salad mangal. Bahan-bahan utama yakni terong, paprika, dan tomat yang dipanggang di atas mangal, panggangan bergaya Kaukasia. Setelah sayuran panggang dipotong, bawang bombay, daun ketumbar, dill, minyak zaitun, dan kemangi ungu, makanan khas Azerbaijan, ditambahkan dan dicampur menjadi satu. Salad mangal biasanya disajikan dingin sebagai pendamping kebab daging dan dipercaya dapat membantu pencernaan daging yang berat. (dsh)

Baca Juga:

Seribu Nama Odading

#Kuliner #Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan