Kue Semprong Hidangan Tamu Khas Jawa Barat

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 16 Juli 2016
Kue Semprong Hidangan Tamu Khas Jawa Barat
Kue Semprong. (Foto: Instagram/dittadevianti)

MerahPutih Kuliner - Jawa Barat memiliki banyak kuliner tradisional. Salah satu kuliner tradisional dari tanah Sunda ini yaitu semprong. Semprong merupakan kue tradisional yang biasa disajikan untuk hidangan jamuan untuk tamu.

Kue semprong biasa juga dibikin saat Lebaran sebagai sajian hari raya. Kue semprong memiliki rasa manis dengan aroma bakar khas. Kue ini memang dimasak dengan cara dibakar menggunakan alat penjepit dari besi.

Cara pembuatan seprong yaitu pertama telur dikocok kemudian dicampur dengan gula, masukkan tepung beras dan tepung tapioka. Adonan ini kemudian diaduk sampai merata, diseduh dengan air santan sampai merata dan mengental. Masukkan ke dalam cetakan, dibakar sampai matang, dan digulung.

Kue semprong ini biasanya sebagai makanan kecil untuk dihidangkan saat ada tamu. Kue ini bisa tahan lama karena merupakan kue kering. Semprong biasa dibuat dalam jumlah besar dan disimpan dalam toples.


Kue Semprong. (Foto: Instagram/elvinasanti)

 

Dahulu, tak jarang di warung-warung kue semprong juga dijajakan untuk makanan anak-anak. Saat ini, kue semprong juga dijual secara besar dan kemasan lebih modern sebagai makanan khas daerah.

Saat ini, sangat jarang kue semprong ditemukan saat Lebaran. Selain pembuatannya yang sulit karena harus dibakar terlebih dahulu, alat pembakar kue semprong juga tidak mudah ditemukan.

Alat pembakar kue semprong serupa cakram dua belah biasanya terbuat dari besi. Dua belah cakram ini untuk menjepit adonan semprong sebelum dibakar, misalnya dibakar dengan sabut kelapa. Alat pembakar ini memiliki ukiran-ukiran tertentu seperti bunga sehingga terbentuk pada seprong setelah diangkat. Motif hiasan pada kue semprong seperti bunga atau ukiran garis mirip corak batik.

BACA JUGA:

  1. Soto Kadipiro Khas Yogyakarta
  2. Kulik Resep Tumis Tutut Khas Jawa Barat
  3. Yuk Jajal Makanan Khas Betawi Sayuran Babanci
  4. Kikiping Makanan Lebaran Khas Pandeglang
  5. Mencicipi Nikmatnya Nasi Penggel Khas Kebumen
#Kuliner Tradisional #Kuliner Jawa Barat #Kue Semprong
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan