Kue-Kue Kering Khas Nusantara, Pas untuk Sajian Idul Fitri Kue-kue tradisional Indonesia nikmat untuk sajian hari raya. (foto: readingsocially)

APA yang paling dinanti saat acara kumpul keluarga di Hari Raya Idul Fitri? Pasti banyak dari kamu yang menjawab makan-makan. Ya, bersilaturahim memang enggak akan lengkap tanpa kehadiran makanan dan sajian lezat.

Di Indonesia, sajian di kala hari Lebaran amatlah beragam. Mulai dari yang gurih, lezat, menggoda seperti opor dan rendang, hingga sajian kue kering manis nikmat. Kue kering juga jadi menu wajib saat Lebaran. Biasanya kue semacam nastar yang berasal dari Belanda yang disajikan. Namun, kali ini kamu bisa menghidangkan kue kering yang Indonesia banget.

Berikut beberapa ide kue kering yang khas Nusantara. Rasanya maknyus semua.

1. Biji Ketapang

biji ketapang
Kue biji ketapang sajian wajib orang Betawi saat Lebaran. (foto: Instagram @dapur.umirima)

Seperti namanya, bentuk kue ini memang mirip dengan biji yang ada pada pohon ketapang. Citarasanya renyah, manis, dengan sedikit rasa asin dan gurih dari santan. Bagi orang Betawi, kue ini wajib ada saat Lebaran. Bagi mereka, rasanya Lebaran tak lengkap tanpa kehadiran kue biji ketapang. Pembuatan biji ketapang juga terbilang mudah, karena tak perlu menggunakan oven, hanya digoreng.

2. Kue Kembang Goyang

kembang goyang
Kue kembang goyang yang punya tampilan cantik. (foto: Instagram @bangbiron)

Kue cantik ini juga berasal dari budaya kuliner Betawi. Dibuat dari tepung beras, kue ini punya perpaduan rasa manis dan gurih. Yang unik, kue ini dibuat dengan menggoreng adonan dengan cetakan berbentuk bunga yang tengah mekar. Agar kue terlepas, selama proses penggorengan, cetakan digoyang-goyangkan. Dari sanalah nama kembang goyang berasal.

Meskipun terlihat tradisional, kue kembang goyang kini muncul dalam berbagai varian rasa lo. Ada yang ditambahkan wijen, essens frambozen, dan essens pandan. Tak hanya enak, tampilan kembang goyang juga cantik. Pas banget kalau kamu sajikan dalam toples bening.

3. Kue Putu Kacang

putu kacang
Kue putu kacang khas Bugis. (foto: Instagram @ummu_aimy_kitchen)

Kekayaan kuliner Bugis juga punya kue kering yang enak. Saking enaknya, kue kering bahkan jadi buah tangan pelancong. Dari namanya saja sudah ketahuan putu ini terbuat dari kacang, tepatnya biji kacang hijau kering yang telah ditumbuk halus.

Selain tepung kacang hijau, kue ini juga dibuat dari gula pasir yang juga ditumbuk hinggal halus. Kedua bahan tersebut dicampur lalu diaduk hingga betul-betul menyatu. Adonan kemudian dimasukkan ke cetakan. Cetakan-cetakan itu kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari hingga betul-betul mengeras. Putu ini sangat nikmat dinikmati bersama teh atau kopi hangat.

4. Kue Sapik

kue sapik
Kue sapik khas Minang seenak egg roll. (foto: Instagram @berkahcatering13)

Suka egg roll yang renyah dan manis? Jika iya, kamu pasti bakal suka kue sapik. Kue kering khas Ranah Minang ini memang punya tekstur renyah layaknya egg roll. Bedanya, kue sapik enggak digulung. Saat diangkat dari cetakan pemanggang, kue ini dilipat dan dijepit sehingga dinamakan kue sapik (kue jepit).

Terbuat dari tepung beras, telur, gula pasir, santan, dan bubuk kulit kayu manis membuat makanan ini bercitarasa tak terlalu manis dengan sentuhan gurih. Selain dibuat dari tepung beras putih, ada juga kue sapik yang dibuat dari tepung beras hitam, sehingga warnanya cokelat kehitaman.

5. Kacang Telur

kacang telur
Kacang telur selalu disajikan saat hari raya. (foto: Instagram @ifaricha)

Ngobrol ditemani kacang renyah berbumbu pastilah jadi makin seru. Pilihan sajian kacang yang Indonesia banget ya tentu saja kacang telur. Tidak mengherankan jika kacanng telur selalu ada dalam toples yang disajikan saat Lebaran.

Kacang telur merupakan oleh-oleh makanan khas dari Magelang. Makanan ini berupa kacang tanah yang berlapis telur dan berbalut tepung tipis. Rasanya sangat renyah serta gurih. Kriuk deh.


6. Rengginang

rengginang
Rengginang nikmat dijadikan camilan. (foto: Instagram @iis_almoktafi)

Pernah tertipu membuka kaleng biskuit malah mendapati kerupuk tebal kayak nasi? Ya, itulah rengginang. Sajian satu ini dikenal luas di Pulau Jawa. Orang Betawi mengenalnya dengan nama rengginang. Di Jawa Tengah, makanan ini dikenal dengan intip goreng.

Meskipun berupa kerupuk, rengginang nikmat dijadikan camilan. Agak berbeda dari jenis kerupuk lainnya yang terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketan masih tampak. Sering kali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.

Rengginang dapat digoreng tanpa diberi bumbu maupun rasa, asin atau manis. Ada juga jenis rengginang yang diberi rasa dengan udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu).


Bagaimana, sudah menyiapkan sajian kue apa saja nih untuk Lebaran kali ini?(dwi)

Kredit : dwi

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH