Kue Bantal, di Lombok Penganan Olahan Ketan Kue bantal penganan khas Lombok. (Foto: instagram.com/hamidfadia)

NUSA Tenggara Barat (NTB) kaya kuliner tradisional. Perpaduan wisata alam dan kuliner membuat Lombok semakin menjadi destinasi para pelancong dunia.

Di Pulau Lombok, ada satu kuliner jenis penganan terkenal bernama kue bantal. Bentuknya yang mirip alas tidur atau bantal menjadikannya disebut "kue bantal". Kue ini disebut juga kue tekel.

Tapi jangan tertukar. Kue bantal khas Lombok berbeda dengan kue bantal manis, khususnya ditemukan di Pulau Jawa.

Kue bantal manis ditemukan sebagai menu streetfood. Rasanya manis dengan tekstur lembut. Kue yang dimasak dengan cara digoreng ini biasanya dijual bersama cakwe.

Kue bantal. (Foto: Instagram/innke_dwi_lestari)
Kue bantal yang memang mirip bantal. (Foto: Instagram@innke_dwi_lestari)

Di Lombok, kue bantal merupakan penganan olahan ketan sejenis lepet. Kalau kebanyak lepat berbentuk bulat panjang, kue bantal bentuknya seperti bantal dan diberi isian kacang tolo.

Kue bantal dibungkus daun aren, lalu diikat. Biasanya kue bantal yang dijual diikat beberapa buah dengan cara mengumpulkan bagian ujung janurnya.

Rasa kue bantal gurih dari ketan dan campuran kelapa. Selain itu, ada juga tambahan manis dari pisang yang dijadikan isian.

Pada awalnya, kue bantal merupakan kuliner khas Ramadan. Kemudian seiring peminatnya banyak terutama dari kalangan wisatawan, kue ini dijual juga di luar bulan suci.

Kue bantal. (Foto: Instagram/andriann207)
Kue bantal tadinya merupakan kuliner saat Ramadan. (Foto: Instagram@andriann207)

Salah satu wilayah penjualan kue bantal yang terkenal yaitu di Desa Gapuk, Lombok Timur. Kalau jalan-jalan ke Pulau Lombok, kamu bisa melengkapi wisata kuliner dengan mencoba kue bantal. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sate Tanjung Primadona Lombok yang Kaya Rempah

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH