Kubu Prabowo Tegaskan Pemulangan Habib Rizieq Syarat Utama Rekonsiliasi  Rizieq Shihab, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI). (MP/Dery Ridwansyah)

MerahPutih.com - Gerindra menegaskan kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menjadi syarat dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk melakukan rekonsiliasi dengan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

"Ya keseluruhan bukan hanya itu (kepulangan Rizieq) tapi keseluruhan. Kemarin-kemarin kan banyak ditahan-tahanin ratusan orang," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7).

BACA JUGA: Upaya Memulangkan Rizieq Demi Rekonsiliasi Terlalu Pragmatis

Muzani menegaskan rekonsiliasi tidak akan terjadi jika kriminalisasi terhadap tokoh-tokoh pendukung Prabowo di Pilpres 2019 masih dilakukan. Dalam rekonsiliasi, kata dia, yang terpenting meniadakan dendam satu sama lain sekaligus mencairkan perbedaan paham yang ada sebelumnya.

"Suasana itu harus diredakan, harus dikendurkan sehingga islah itu menjadi sesuatu yang kuat. Rekonsiliasi itu bukan sekadar lip service, bukan sekadar dagangan politik bukan sekadar bualan," tegas petinggi Gerindra itu.

muzani
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani (tengah) (Antaranews/Aprillio Akbar)

Wacana pemulangan Habib Rizieq sebagai syarat rekonsiliasi Jokowi-Prabowo pertama kali disuarakan mantan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak.

BACA JUGA: Dahnil Sisipkan Pemulangan Habib Rizieq di Agenda Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo

Dahnil secara pribadi menyatakan kepulangan Rizieq Shihab ke tanah air bisa menjadi bagian dari rekonsiliasi Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi.

"Ini pandangan pribadi saya, bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yang paling tepat beri kesempatan kepada Habib Rizieq kembali ke Indonesia," kata dia, dalam akun Twitter pribadinya @Dahnilanzar, Kamis (4/7).

Untuk diketahui, Prabowo sebelumya juga sempat berjanji jika memenangi Pilpres 2019 akan membawa pulang pentolan FPI itu yang berada di Arab Saudi sejak pertengahan 2017 menyusul kasus hukum yang menjeratnya kembali ke Indonesia. (Pon)

BACA JUGA: Golkar Nilai Usul Kepulangan Rizieq Sebagai Prasyarat Rekonsiliasi Tak Relevan

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH