Kubu Prabowo Dituding Gunakan Konsultan Asing, Lukman Edy Sebut Indikasinya Valid Wakil Direktur Bidang Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf Lukman Edy (berjas tengah). (Dok PB PTMSI)

MerahPutih.Com - Wakil Direktur Bidang Saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Lukman Edy ikut mengomentari pernyataan Capres Jokowi yang menuding kubu Prabowo-Sandi menggunakan konsultan asing di Pilpres 2019.

Kata Edy, tidak mungkin Jokowi mengeluarkan pernyataan tegas semacam itu bila tidak didukung bukti yang kuat.

"Memang indikasi cara-cara campaign yang menggunakan konsultan asing itu valid hampir semua pengamat menyatakan yang sama, media-media juga menyampaikan yang sama," kata Edy kepada wartawan di Jakarta, Rabu (6/2).

Melihat pola kampanye kubu Prabowo-Sandi, tutur dia, dapat dipastikan ada kemiripan dengan gaya kampanye yang berlaku saat Pilpres Amerika Serikat dan Brazil. Bergaya ala konsultan rusia (Propaganda Rusia).

Jokowi berbicara soal Propaganda ala Rusia dihadapan relawan
Presiden Jokowi berbicara kepada ribuan relawan di Karanganyar, Jawa Tengah (MP/Ismail)

"Jadi ada kemuripan hampir 90% lebih dengan cara-cara kampanye misalnya Amerika dan Brazil dan mereka menggunakan konsultan dari Rusia," terangnya.

Sehingga, menurutnya, pernyataan Petahana bernada tudingan seperti itu tidak lain adalah ingin mengembalikan masa kampanye ke jalur yang sebenarnya.

"Upaya-upaya untuk merusak konsolidasi dan pandangan masyarakat harus kita luruskan kembali. Kan nyata-nyata dalam UU No 7 dalam PKPU bahwa black campaign itu dilarang, menyampaikan informasi tak berdasarkan fakta dilarang, kemudian menyinggung SARA dilarang."

"Kalau kemudian cara-cara itu dipakai maka ada tanggungjawab bagi pak Jokowi untuk mengembalikan konsolidasi demokrasi ini kepada jalur yang benar," jelasnya.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: KPK Telusuri Bantuan Dana Rp50 Miliar dari Kemenpora untuk KONI

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH