Kubah Es Tua di Kota PrahaDiubah Menjadi Ruangan untuk Bar dan Restoran Menawarkan pemandangan glamor. (Foto: archiscene)

DENGAN memiliki lubang intip yang besar dan berkilauan menghadap ke Sungai Vltava, pusat kota Praha pusat sekarang terlihat menyerupai kapal pesiar raksasa. Pemandangan itu memberikan kesan yang sangat glamor.

Sebagai bagian dari proyek regenerasi besar-besaran di daerah tepi sungai, lebih dari 20 bekas kubah es di sepanjang jalur air utama ibu kota Ceko telah diubah menjadi ruang untuk bar, restoran, galeri, dan bengkel.

Baca juga:

Taman Terapung, Konsep Ruang Hijau Tak Biasa di Denmark

1
Terdapat 20 lubang bekas kubah es. (Foto: floornature)

Melansir laman Timeout, bagian lainnya akan menjadi perpustakaan dan ruang pertemuan komunitas. Ada kabar baik buat kamu yang sedang merasa putus asa jika sedang berada di pusat kota. Kamu dapat menemukan sebuah kubah yang mampu menampung beberapa toilet umum penuh gaya.

Pembangunannya menghabiskan dana USD7,2 juta, atau sekitar Rp103 miliar lebih. Dirancang oleh arsitek Petr Janda dari Brainwork yang telah bekerja sejak tahun 2009. Merupakan bagian dari skema besar untuk membangun kembali tepi laut yang lama terabaikan.

Fase pertama dari pembangunan ini melibatkan revitalisasi bekas galangan kapal dengan panjang empat kilometer di sepanjang sungai. Ini adalah investasi terbesar kota Praha yang dilakukan di area publik sejak tahun 1989.

Baca juga:

Sebuah Taman Dibangun di ‘Pulau’ Baru Kota New York

2
Merupakan bagian dari skema pembangunan tepi laut. (Foto: floornature)

Daerah di sekitar kubah es ini menjadi sepi setelah bencana banjir parah pada tahun 2002. Tempat ini kemudian digunakan sebagai tempat parkir. Sejak renovasi dimulai, tempat ini menjadi tuan rumah bagi banyak acara budaya yang ngehits.

Penyewa baru dari kubah ini dipilih panitia daerah dalam kompetisi terbuka untuk umum. Mereka yang sudah memiliki bisnis di kawasan ini harus pula ikut dalam kesempatan itu.

Pemandangan yang tersaji di sungai Vltava kini sangat memikat semua mata yang melihatnya. Bagaimana menurut kamu tentang perspektif baru yang ada di salah satu ibu kota paling bersejarah di Eropa? (lgi)

Baca juga:

Ruangan Seni Digital Terbesar di Dunia Ini Bekas Pangkalan Kapal Selam Jerman

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I