Kuasa Hukum Nilai Pelaporan Rius Vernandes ke Polisi Salah Alamat Rius Vernandes. Foto: Instagram/@rius.vernandes

MerahPutih.com - Tim Kuasa Hukim Youtuber Rius Vernandes menyebut pelaporan Serikat Karyawan Garuda kepada kliennya adalah salah alamat.

Pengacara Rius, Abraham Sriwidjaja menyebut jika merasa dirugikan, Garuda Indonesia akan melaporkan sendiri ke polisi bukan oleh serikat pekerja.

Baca Juga: Garuda Indonesia Larang Foto Dalam Pesawat

Menu tulisan tangan di bisnis class Garuda Indonesia (Tangkapan layar yotube rius verfnandes)
Menu tulisan tangan di bisnis class Garuda Indonesia (Tangkapan layar yotube rius verfnandes)

"Mereka mengatakan korporasi mereka dirugikan. Pertanyaan saya, 310 dan 311 adalah delik aduan. Itu adalah yang mengalami kerugian yang harus melapor bukan pihak ketiga. Minimal direkturnya yang harus melaporkan," kata Abraham kepada wartawan, Jumat (19/7).

Abraham merasa heran karena pasal yang dipakai untuk melaporkan Rius adalah pasal pencemaran nama baik. Rius melakukan review tentang menu makanan dalam bentuk kertas yang ditulis dengan tangan.

"Kecuali menu yang diberikan printing, lalu sama klien kami disembunyikan lalu dia mengeluarkan menu kertas, difoto dibilang ini menu Garuda. Ini (baru) pencemaran nama baik. Apa yang disajikan (Rius) adalah fakta dan ada buktinya," jelas Abraham.

"Anak umur 25 tahun dilaporkan oleh perusahaan BUMN, Tbk lagi. Saya rasa gimana ya gitu," tambah Abraham.

Baca Juga: Cabut Larangan Foto Dalam Pesawat, Garuda Indonesia: Itu Edaran

Rius mengaku trauma setelah mengalami kejadian tersebut. Bahkan, rasa trauma itu berdampak pada rasa fokus terhadap pekerjaannya.

"Saya terus trauma sih saya takutnya kalau lain kali mau ngapa-ngapain buat review harus pikir dua kali," sesal dia.

"Maksudnya dari saya pun kalau ketemu kejadian seperti ini lagi, menerima service yang kurang baik dari airlines malah saya yang dihujat masyarakat," ungkap Rius dengan nada lirih dan kecewa.

View this post on Instagram

Guys, gw sama elwi dapat panggilan dari polisi mengenai masalah ini. Kami di laporkan atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik. Gw yakin kalian tau kalau gw TIDAK ADA maksud sama sekali untuk mencemarkan nama baik siapapun. ? ? Gw sangat minta support kalian soal ini. Semua nya. Siapa pun. Kalian semua punya suara. Terutama teman2 influencer. Gw harap kalian bisa bantu share dan support gw dalam masalah ini karena gw gak mau di masa depan ketika kita review sesuatu dengan apa adanya, ketika kita memberikan kritisi yang membangun, kita bisa di pidana. ? ? Gw akan menghormati segala peraturan hukum yang ada dan akan menjalani semua ini. Gw sama sekali tidak merasa mencemarkan nama baik. Gw tidak takut. Tapi tidak ada kah cara yang lebih kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah ini?

A post shared by Rius Vernandes (@rius.vernandes) on

Hal ini juga membuat Rius takut untuk keluar rumah. Diketahui, masalah ini berawal dari unggahan rius di Instagram Story-nya @rius.vernandes pada Sabtu (13/7) malam.

Baca Juga: Serikat Karyawan Garuda Dukung Youtuber Rius Vernandes Dipolisikan

Kala itu, ia mengunggah foto kartu menu kelas bisnis maskapai penerbangan Garuda Indonesia rute Sydney-Denpasar yang hanya berupa tulisan tangan di atas selembar kertas. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH