Kualitas Tidur Kini Bisa Dilacak dengan Fitur Baru Apple Watch Fitur pelacakan tidur terbaru dari Apple. (Foto: Wareable)

KABAR baik bagi kamu pengguna jam tangan pintar Apple Watch, pembaruan sistem operasi perangkat tersebut baru saja menghadirkan fitur pelacak tidur penggunanya.

Selain itu, Apple juga meluncurkan rilis versi beta untuk pembaruan besar di iOS, iPadOS, macOS, dan tvOS. Meskipun Apple telah memiliki program beta watchOS selama bertahun-tahun, ini adalah kali pertama Apple memberikan percobaan versi beta untuk publik.

Baca juga:

Jam Pintar Apple vs Samsung, Mana Lebih Unggul?

Mengutip laman The Verge, pembaruan tersebut adalah untuk perangkat WatchOS 7 yang diperkenalkan di Worldwide Developers Conference (WWDC) Juni 2020.

WatchOS 7 versi ini menghadirkan fitur pelacakan tidur yang menunjukkan berapa lama waktu tidur dari penggunanya setiap hari. Hasil pelacakan tersebut nantinya dapat dikembangkan untuk mengetahui kualitas dan siklus tidur penggunanya.

Kualitas Tidur Kini Bisa Dilacak dengan Fitur Baru Apple Watch
Pastikan iPhone sudah menggunakan iOS 14 beta. (Foto: 9to5Mac)

Aplikasi pelacakan tidur ini bekerja dengan tombol pintar baru yang disebut Wind Down dan Wake Up. Wind Down akan memperhalus tampilan antarmuka iPhone dan mengaktifkan Do Not Disturb.

Saat kamu memulai mode tidur, layar Apple Watch akan mati dan menampilkan jam sederhana berwarna merah jika dilakukan malam hari.

Baca juga:

Fakta-Fakta Apple Watch Series 5, Si Canggih dengan Riset Kesehatan

Mengutip laman Tom’s Guide, saat waktunya bangun kamu dapat memilih dari haptics atau suara untuk memulai pagi yang cerah. Kamu akan segera melihat waktu dan level baterai arloji di pergelangan tangan, sehingga mengetahui untuk mengisi daya sebelum berangkat beraktivitas.

Kualitas Tidur Kini Bisa Dilacak dengan Fitur Baru Apple Watch
fitur menarik lainnya juga dihadirkan. (Foto: Apple)

Selain fitur pelacak tidur, Apple Watch akan mendapatkan lebih banyak pelacakan kebugaran dengan WatchOS 7, termasuk metrik untuk menari, pelatihan kekuatan fungsional, pelatihan inti, dan aktivitas cool down.

Aplikasi Maps menambahkan dukungan untuk petunjuk arah ketika bersepeda, jam tangan pintar Apple sekarang secara otomatis mendeteksi saat kamu mencuci tangan dan memberikan timer 20 detik.

Perangkat lunak baru ini juga memiliki tampilan baru serta cara yang lebih mudah untuk membagikan dengan teman, dan mengunduh tata letak khusus dari web.

Pengguna Apple Watch sekarang dapat mengunduh tampilan baru tersebut dari daftar pilihan di App Store. Perlu diingat, untuk menjalankan fitur ini, pastikan iPhone sudah menjalankan iOS 14 beta publik untuk mencobanya.

Kualitas Tidur Kini Bisa Dilacak dengan Fitur Baru Apple Watch
Ada fitur untuk pelacakan kebugaran. (Foto: Toms Guide)

Di WWDC 2020, Apple mengungkapkan bahwa WatchOS 7 tidak akan tersedia untuk model Seri 1 dan Seri 2. Jika kamu memiliki Apple Watch Seri 3 atau lebih tinggi, kemungkinan fitur ini kompatibel. WatchOS 7 akan tersedia untuk semua Apple Watch Series 3 dan yang lebih baru mulai musim gugur 2020. (and)

Baca juga:

WWDC 2020 Beres Digelar, Intip Bocoran iOS 14


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH