MotoGP

Kualifikasi GP Spanyol Jerez, Bagnaia Raih Pole Position

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 01 Mei 2022
Kualifikasi GP Spanyol Jerez, Bagnaia Raih Pole Position
Bagnaia pecahkan rekor lap Sirkuit Jerez. (Foto: MotoGP)

KULIFIKASI GP Spanyol di Sirkuit Jerez telah usai digelar, Francesco Bagnaia pembalap Lenovo Ducati Team berhasil raih pole positon dengan catatan waktu 1 menit 36,170 detik, lebih cepat 0,453 detik dari Fabio Quartararo yang berada di posisi kedua. Sementara posisi ketiga diduduki Aleix Espargaro dengan catatan waktu 1 menit 36,933 detik.

Marc Marquez yang tampak kesulitan sepanjang akhir pekan harus puas di posisi kelima dengan catatan waktu 1 menit 37,145 detik. Jack Miller yang lebih cepat 0,096 detik dari Marquez mengisi posisi keempat. Johann Zarco melengkapi baris kedua dengan catatan waktu 1 menit 37,220 detik.

Quartararo yang tampil impresif sepanjang akhir pekan harus puas dengan posisi kedua setelah YZR-M1 2022 miliknya tak mampu menandingi kecepatan Desmosedici GP22 milik Bagnaia. Namun kecepatan ritme balap Quartararo diprediksi akan membawanya bertarung di barisan depan pada balapan hari ini, Minggu (1/5/2022).

Baca juga:

GP Amerika 2022 Jadi Balapan ke-500 MotoGP

Marc Marquez tampak kesulitan sepanjang akhir pekan. (Foto: MotoGP)

Sementara pembalap Repsol Honda Team yang lolos ke tahap kualifikasi dua hanya Marc Marquez dan Takaaki Nakagami dari LCR Honda IDEMITSU yang pada balapan esok akan memulai balapan dari posisi ketujuh. Adapun Pol Espargaro dari Repsol Honda Team dan Alex Marquez dari LCR Honda Team masing-masing akan memulai balapan dari posisi ke-13 dan ke-22.

Francesco Bagnaia bukan hanya meraih pole position tapi juga mencetak rekor lap tercepat baru di Sirkuit Jerez yang sebelumnya dipegang Maverick Vinales. Maverick memegang rekor lap Sirkuit Jerez sejak 2020 dengan catatan waktu 1 menit 36,584 detik saat dirinya masih membela tim Monster Energy Yamaha.

Apresiasi tinggi juga diberikan kepada Marco Bezzecchi, pembalap anyar dari tim Mooney VR46 Racing Team milik Valentino Rossi yang esok akan memulai balapan dari posisi kedelapan. Dirinya menjadi pembalap tercepat kedua pada sesi kualifikasi pertama dan meraih catatan waktu 1 menit 37,285 detik pada kualifikasi kedua.

Baca juga:

Jadwal GP Spanyol MotoGP, Simak di Sini

Duo Suzuki turut kesulitan sepanjang akhir pekan. (Foto: MotoGP)

Nasib buruk menimpa duo pembalap Ecstar Suzuki sebagaimana Joan Mir harus terjatuh saat sesi kualifikasi dua hanya menyisakan waktu dua menit. Alhasil Joan Mir harus puas memulai balapan dari posisi kesembilan dengan raihan waktu 1 menit 37,330 detik.

Sementara rekan satu timnya Alex Rins yang sepanjang akhir pekan tampil kurang solid tak berhasil melalui babak kualifikasi pertama dan harus berjuang keras pada balapan esok hari sebab dirinya akan memulai balapan dari posisi ke-14, tepat di belakang Pol Espargaro. (waf)

Baca juga:

'MotoGP Unlimited', Menonton Kehidupan para Pembalap di Luar Trek

#Olahraga #MotoGP
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan