KSP Tegaskan Indonesia Berada di Jalur Akhiri Pandemi COVID-19

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 27 Mei 2022
KSP Tegaskan Indonesia Berada di Jalur Akhiri Pandemi COVID-19
Vaksinasi COVID-19. (Foto: Sekretariat Presiden))

MerahPutih.com - Data Kementerian Kesehatan hingga Kamis (26/5) menyebutkan kasus COVID-19, terus melandai. Penambahan kasus harian positif COVID-19 misalnya di DKI Jakarta, yakni sebanyak 124 kasus. Selanjutnya, Jawa Barat dengan 29 kasus dan Banten dengan 26 kasus.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo menilai, Indonesia sudah berada di jalur tepat dalam mengakhiri pandemi COVID-19. Indonesia telah mendapatkan pujian Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid atas kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam menangani COVID-19.

Baca Juga:

COVID-19 Kian Terkendali, Sehari Hanya 3 Pasien Meninggal se-Indonesia

Ia mengatakan, keberhasilan Presiden Joko Widodo sebagai pemegang kendali tertinggi penanganan pandemi COVID-19, telah membuat negara-negara dunia menjadi yakin bahwa situasi pandemi semakin terkendali.

"Tidak mungkin tujuh ribu delegasi dari 185 negara berani datang ke Indonesia jika tidak yakin Indonesia berhasil mengendalikan COVID-19," tegasnya.

Abraham mengatakan, sejak 24 Maret hingga 26 Mei 2022, laju penularan COVID-19 bisa dikatakan sudah terkendali, yang ditunjukkan oleh stabilitas Reproduction Rate di angka 1 selama dua bulan lebih.

"Data memang menunjukkan situasi pandemi terus terkendali. Tapi kita tidak boleh jumawa dan tergesa-gesa. Masker tetap perlu dipakai," ucapnya.

Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid pada acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 menyampaikan, penghargaan atas kesuksesan Presiden Joko Widodo dalam menangani dan mengendalikan pandemi COVID-19.

Pembuka Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5/2022). (ANTARA/Wahyu Putro A)
Pembuka Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu (25/5/2022). (ANTARA/Wahyu Putro A)

"Ini merupakan bukti komitmen kuat dan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Yang Mulia Presiden Joko Widodo untuk memerangi COVID-19 dan mengembalikan negara ke jalur pemulihan," kata Abdulla.

Selain itu, Para delegasi Indonesia dalam berbagai diskusi dan dialog di Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 menyampaikan pesan utama, yakni pentingnya kerja sama dan kolaborasi dalam manajemen kebencanaan.

"Delegasi Indonesia memiliki harapan agar hasil GPDRR itu menjadi masukan bagi UNDRR, terutama di dalam memperkuat dan memperluas kerja sama internasional yang lebih berkualitas, sekaligus juga menjadi masukan bagi Konferensi Tingkat Tinggi di G20 nanti yang di Bali," kata Direktur Tata Ruang, Pertanahan dan Penanggulangan Bencana Bappenas Sumedi Andono Mulyo.

Baca Juga:

Indonesia Tuan Rumah GPDRR 2022, PBB Puji atas Keberhasilan Kendalikan COVID-19

#COVID-19 #PPKM #KSP #Satgas COVID-19 #Kasus COVID-19
Bagikan
Bagikan