KSP Sebut Penyebaran Hoaks Semakin Gencar Jelang Pemilu 2019

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 15 Januari 2019
KSP Sebut Penyebaran Hoaks Semakin Gencar Jelang Pemilu 2019
Ilustrasi hoaks. Foto: net

MerahPutih.com - Menjelang Pemilu 2019 penyebaran hoaks semakin gencar di masyarakat. Pernyataan ini disampaikan oleh Deputi V Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani.

"Memasuki pilpres dan Pileg 2019 ini penyebaran hoaks menjadi semakin gencar, sesuatu yang hadir di setiap harinya," ujar Jaleswari mewakili Kepala KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam diskusi di Jakarta, Selasa (15/1)

Jaleswari mengatakan bahwa hoaks yang semakin gencar sudah sangat meresahkan, padahal dalam masa pemilu informasi yang beredar seharusnya diisi dengan rasionalitas.

"Pada satu titik kami sadari bahwa pemerintah tidak bisa sendiri menghadapi ini, maka perlu bergandengan tangan dengan sejumlah pihak seperti media massa, praktisi, LSM, hingga akademisi," ujar Jaleswari seperti dilansir Antara.

Ilustrasi hoaks

Fenomena hoaks yang timbul di masyarakat dikatakan Jaleswari sangat berpotensi memecah belah persatuan bangsa dan perlu segera ditangani terutama memasuki masa menuju Pemilu 2019.

"Kemunculan hoaks dan ujaran kebencian penting untuk diantisipasi supaya masyarakat tidak terjebak dalam berita yang tidak benar dan berpotensi untuk menjatuhkan kandidat peserta pemilu legislatif maupun eksekutif, sehingga bisa memecah kehidupan demokrasi di Indonesia," tambah Jaleswari.

Lebih lanjut Jaleswari mengatakan permasalahan hoaks sudah seharusnya menjadi fokus bersama, supaya Indonesia dapat menggelar pemilu yang benar-benar demokratis.

"Oleh sebab itu perlu adanya penegakan hukum yang tegas bagi upaya hoaks yang berpotensi mendelegitimasi Pemilu 2019," kata Jaleswari. (*)

#Penyebar Hoaks
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan