KSAL Yudo Jalani Fit and Proper Test Panglima TNI di DPR Hari ini

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 02 Desember 2022
KSAL Yudo Jalani Fit and Proper Test Panglima TNI di DPR Hari ini
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat mendampingi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: Antara)

MeahPutih.com - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan pada Jumat (2/12) di DPR sebagai calon panglima TNI untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada akhir Desember 2022.

Yudo Margono mengaku akan melanjutkan program-program yang telah dijalankan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Baca Juga:

Perwira Paspampres Diduga Perkosa Prajurit Kostrad, Panglima TNI: Sudah Diproses Hukum

"Karena kan pasti tahun 2023, ini kan sudah direncanakan di tahun 2022. Tinggal melaksanakan," kata Yudo di sela-sela pelepasan Satuan Tugas (Satgas) Mantime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL TA 2022 di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (2/12).

Yudo mengaku mendapatkan masukan dari Jenderal TNI Andika Perkasa terkait kepemimpinannya sebagai panglima TNI.

Dia pun menyatakan kesiapan nya untuk menjalani "fit and proper test" di DPR pada Jumat (2/12).

Menurut Yudo, tidak ada persiapan khusus untuk menjalani uji kelayakan tersebut.

"Tidak ada. Yang penting sudah persiapan sejak diumumkan waktu itu, ya kan berarti harus persiapan. Pasti akan ada 'fit and proper test'. Ya kita harus siapkan bahan-bahan yang besok akan dipertanyakan oleh Komisi I," tutur Yudo.

Ketika ditanyakan soal perasaannya yang akan menjabat sebagai panglima TNI, Yudo hanya tersenyum.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengaku sudah memberikan masukan-masukan kepada Laksamana Yudo Margono. Namun, Andika tidak menjelaskan masukan apa yang diberikan kepada Yudo.

"Makanya saya bilang kan kita udah ketemu berapa kali nih setelah diumumkan. Banyaklah kita komunikasi. Tapi Pak Yudo pun siap," ujarnya.

Andika mengaku senang Yudo Margono ditunjuk sebagai calon tunggal panglima TNI oleh Presiden Jokowi.

"Tapi bahwasanya Pak Yudo terpilih kan itu semua pilihan presiden dengan berbagai pertimbangan. Ya, kita senang," katanya. (Pon)

Baca Juga:

Jenderal Andika Doakan KSAL Yudo Sukses Jalani Fit Proper Test Calon Panglima TNI

#Panglima TNI #TNI
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan