Penjelasan KSAL Soal Benda Mirip Tank di Kepri

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 05 Januari 2022
Penjelasan KSAL Soal Benda Mirip Tank di Kepri
Benda mirip tank ditemukan mengapung di perairan Bintan, Kepri, Senin (27/12/2021). Foto: Instagram/@ tni_angkatan_laut

MerahPutih.com - Teka-teki benda menyerupai tank tempur yang ditemukan di Perairan Bintan, Kepulauan Riau menemui titik terang. Benda tersebut ditemukan personel Lantamal IV Tanjung Pinang.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, dari hasil investigasi tidak ditemukan tanda benda tersebut membahayakan.

Baca Juga

Heboh, Benda Misterius Mirip Tank Mengapung di Tengah Laut Bintan

"Sudah kami datangkan Pushidrosal sama Dislitbangal ke sana. Sampai saat ini belum menandakan itu ada alat deteksi dan sebagainya," ujar Yudo kepada wartawan di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/1).

Yudo yang mengenakan pakaian dinas militer berwarna putih ini menuturkan, benda yang ditemukan itu berjenis Tongkang yang hanya menyerupai kendaraan tempur saja.

Benda mirip tank ditemukan mengapung di perairan Bintan, Kepri, Senin (27/12/2021). ANTARA/HO-Nelayan Bintan
Benda mirip tank ditemukan mengapung di perairan Bintan, Kepri, Senin (27/12/2021). ANTARA/HO-Nelayan Bintan

Tongkang merupakan kapal dengan lambung datar atau suatu kotak besar yang mengapung, digunakan untuk mengangkut barang.

"Jadi seperti tongkang gitu. Bentuknya itu ya seperti tank," kata mantan Pangkogabwilhan 1 ini.

Baca Juga

KSAL Heran Media Luar Selalu Memojokkan Aksi Penindakan Kapal Asing

Dia berujar, dalam investigasi lanjutan, Pushidrosal dan Dislitbangal akan mendatangkan pakar guna mendalami lebih lanjut. Pendalaman, nantinya juga akan membuktikan apakah ada keterlibatan dari negara lain atau tidak.

"Nanti kita panggil pakar untuk melihat ini dari negara mana dan sebagainya. Sudah kita cek bawah air dan atas airnya ada monitornya atau tidak, mungkin semacam sonar itu enggak ada," katanya"

Dilihat dari foto yang diunggah, benda berwarna oranye itu mengapung di tengah perairan. Benda ini berbahan dasar logam diberi batas garis polisi milter TNI dan diamankan ke Posmat TNI AL di Kampung Keke, Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Kepulauan Bintan, Selasa (28/12).

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksma Dwika Tjahja Setiawan menjelaskan, benda yang menyerupai tank itu terbuat dari bahan logam dengan ketebalan 0,2 cm. Sementara isi dalam benda tersebut berupa sterefoam. Secara visual benda tersebut mirip seperti tank tempur jenis amfibi.

"Namun kami masih melakukan pemeriksaan awal terhadap fisik dan segera membentuk tim guna diteliti lebih lanjut untuk mengetahui asal bendanya," katanya. (Knu)

Baca Juga

KSAL Angkat Suara Soal Dugaan Prajuritnya Terlibat Pengiriman TKI Ilegal

#TNI AL #KSAL
Bagikan
Bagikan