Kronologis Pasien Omicron Lolos Karantina di Wisma Atlet

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 27 Desember 2021
Kronologis Pasien Omicron Lolos Karantina di Wisma Atlet
Wisma Atlet. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pasien karantina lolos pengawasan dari Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet merupakan perempuan yang baru datang dari Inggris. Demikian disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Pasien itu sempat dinyatakan positif pada tes COVID-19 pertama. Namun, dari hasil tes pembanding negatif. Alhasil dia meminta pulang dari RSD Wisma Atlet.

Baca Juga

Menkes Siapkan Alat Tes PCR Teknologi Baru, Deteksi Omicron 4 sampai 6 Jam

"Dia minta keluar berdasarkan hasil tes (pembanding). kemudian diberikan ke Dinas Kesehatan DKI diminta pulang boleh, tapi harus diisolasi di rumah," kata Budi dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (27/12).

Budi tidak menjelaskan waktu kedatangan pasien perempuan tersebut. Hanya saja setelah beberapa hari dari kepulangannya itu dia sempat positif COVID-19 dengan varian Omicron.

"Lima hari kemudian tes positifnya Omicron. jadi kita kejar lagi yang bersangkutan. Kita tes lagi keluarganya dan sudah negatif," tegasnya.

Baca Juga

Perawatan Rumah Sakit Tidak Dibutuhkan dalam 70 Persen Kasus Omicron

Budi Gunadi memastikan, jika pemerintah akan mengubah aturan mengenai pemeriksaan tes COVID-19. Bila tes ketiganya menunjukkan hasil positif, maka yang bersangkutan harus menjalani proses karantina.

"Ini pelajaran bagi kami. karena aturannya akan kami ubah. Kalau tes pertama hasil positif dan kedua negatif. Maka ada tes ketiga. Kalau tes ketiga itu negatif artinya negatif. Kalau positif, dia harus (lanjutkan mekanisme)," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Satu Orang Lolos Karantina Omicron, Pemerintah Lakukan Evaluasi

#Breaking #COVID-19 #Kasus Covid #Kasus COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan