Kronologi Detik-Detik KPK Tangkap Menteri Edhy Prabowo di Bandara Soetta

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 25 November 2020
Kronologi Detik-Detik KPK Tangkap Menteri Edhy Prabowo di Bandara Soetta
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (Foto: Instagram/Edhy_Prabowo)

Merahputih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kegiatan operasi penangkapan terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan, Gatot Edhy Prabowo, Selasa (24/11). Operasi penangkapan dilakukan mulai pukul 23.18 WIB hingga Rabu (25/11) 01.30 WIB.

Edhy ditangkap usai mendarat di Terminal 3 Kedatangan International Bandara Soekarno Hatta dari Honolulu, Amerika Serikat. Saat ditangkap, Menteri Edhy tak sendiri. Ikut diamankan juga 11 orang lainnya.

Baca Juga:

BREAKING NEWS: Operasi Dini Hari, KPK Tangkap Menteri Edhy Prabowo

Berikut kronologi penangkapan Menteri Edhy dan Rombongan berdasarkan informasi yang dikumpulkan MerahPutih.com:

Pukul 23.18 WIB

Pesawat All Nippon Airways NH835 yang membawa Bapak Edhy Prabowo Mentri Kelautan dan Perikanan beserta rombongan jumlah 12 orang tiba di Bandara Soekarno Hatta.

Pukul 23.40 WIB

Tim Penyidik KPK melakukan Penangkapan Terhadap Edhy Prabowo beserta rombongan jumlah 12 orang dari pesawat NH 835 NRT. Mereka langsung diamankan petugas Tim KPK. Penyidik menunjukkan Surat Tugas KPK yang ditandatangani oleh penyidik KPK Ambarita Damanik kepada Menteri Kelautan dan Perikanan beserta Rombongan untuk dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (Foto: Instagram/Edhy_Prabowo)

Pukul 23.50 WIB

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengeledahan oleh petugas KPK, 3 orang dinyatakan clear. Untuk Rombongan VIP 9 orang yang belum dinyatakan clear, langsung dibawa petugas KPK melalui area ramp out 6 menuju ke area KKP dan imigrasi untuk di-stamp paspor oleh pihak imigrasi. Kegiatan dilakukan di area layanan satu atap. Mereka langsung menuju area kedatangan dan standby di Ground Floor untuk menunggu pengambilan bagasi.

Pukul 01.20 WIB

Rombongan KPK dan Menteri kelautan dan perikanan beserta rombongan VIP meninggalkan area ground floor kedatangan. Rombongan menuju west lobby parkir dan langsung dibawa menuju gedung merah putih KPK, Jakarta Selatan. Operasi penangkapan yang dilakukan KPK di Bandara Soetta berakhir sekitar pukul 01.30 WIB.

Baca Juga

Wakil Ketua KPK: Menteri Edhy Prabowo Ditangkap Bersama Keluarga

Kepada MerahPutih.com, KPK telah membenarkan penangkapan Menteri Edhy Prabowo di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Cengkareng pagi tadi, terkait dengan polemik ekspor benur yang ramai belakangan ini.

"Benar KPK tangkap Menteri KKP berkait ekspor benur tadi pagi jam 01.23 WIB di Soetta," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, dalam pesan singkat kepada MerahPutih.com, Rabu (25/11).

Menurut Ghufron, ada sejumlah orang yang ikut diamankan dalam proses penangkapan petinggi Partai Gerindra itu. “Yang bersangkutan (Edhy Prabowo) ditangkap bersama beberapa orang dari Kementerian Kelautan dan keluarganya,” imbuh wakil ketua KPK termuda ini. (Pon)

Baca Juga:

Wakil Ketua KPK: Menteri Edhy Prabowo Ditangkap Bersama Keluarga

#KPK #Breaking #Edhy Prabowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan