Kronologi 18 Kapal Nelayan Hangus Terbakar di Pelabuhan Muara Baru Kapal terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara (Foto: Antaranews.com)

MerahPutih.Com - Sebanyak 18 kapal nelayan hangus terbakar di Pelabuhan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru Jakarta Utara, pada Sabtu (23/2) sore. Hingga kini pihak terkait masih melakukan pendalaman terkait penyebab kebakaran belasan kapal tersebut.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad menjelaskan kronologi kebakaran yang meludeskan 18 kapal sore tadi di Pelabuhan Muara Baru. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB dari salah satu kapal penangkap ikan.

Kemudian, sambung Ahmad, api terus menjalar ke kapal penangkap ikan lainnya yang berdekatan sehingga belasan unit kapal penangkap ikan ikut terbakar di Pelabuhan perikanan Muara Baru yang dikelola Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kapal hangus terbakar di Pelabuhan Muara Baru
Kapal-kapal yang hangus terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara (Foto: Antaranews.com)

"Karena kondisi angin yang kencang dan membuat kapal penangkap ikan yang terbakar tersebut terus bergoyang maka kapal penangkap ikan tersebut ditarik ke daratan untuk mempermudah pemadaman," kata Ahmad di Jakarta, Sabtu (23/2).

Sejauh ini tidak ditemukan adanya korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kapal penangkap ikan tersebut.

Pemadaman sendiri dilakukan oleh Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara yang mengerahkan 15 unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh 1 unit Tug Boat TB. Antasena milik KKP.

Hingga kini belum ada kepastian mengenai penyebab kebakaran itu.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan saksi di lokasi kejadian, saat itu kapal yang sedang sandar di Dermaga Timur transit 8 PPSNZJ Muara Baru di urutan paling luar tiba-tiba mengeluarkan api dari bagian belakang kapal.(Asp)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Bergabungnya BTP Bikin Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH