Kritik Zulhas kepada Jokowi di Sidang Tahunan MPR Hal yang Wajar Zulkifli Hasan tengah memberikan pidato politik deklarasi Prabowo-Sandiaga (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirajuddin Abbas menilai, kritikan Ketua MPR Zulkifli Hasan terhadap kinerja pemerintahan di Sidang Tahunan MPR adalah sesuatu yang normal dan wajar.

Alasannya, penyampaian kritik tersebut berlangsung dalam forum yang pantas sebagai komentar tentang kebijakan publik yang umum tidak mengarah kepada kinerja presiden sebagai pribadi.

"Ya, wajar saja, normal saja, saya kira bukan sesuatu yang luar biasa di di dalam tata krama berpolitik maupun tatakrama penyampaian pendapat atau kritik terhadap kondisi pemerintah saat ini," kata Sirajuddin saat ditemui di Kawasan Guntur, Jakarta Selatan, Kamis (16/8).

Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di Sidang Tahunan MPR di gedung MPR/DPR, Kamis (16/8). Foto: Biro Setpres

Menurutnya, sebagai ketua MPR dia berhak menyampaikan kritik terhadap pemerintah meskipun akan timbul persepsi berbeda dari publik yang menganggap kritikan itu berbau oposan.

"Bahwa nanti ada masyarakat yang menafsirkan bahwa itu kritik dari oposisi incumbent misalnya ya wajar saja," kata dia.

Namun demikian dia meyakini bahwa Zulhas dapat membedakan posisinya sebagai Ketum PAN atau Ketua MPR. Sehingga kritikan yang disampaikan konstruktif bagi Indonesia ke depan.

"Kalau orang melihat posisi pak Zul satu sebagai ketum PAN dan ketua MPR tapi kan kita kembali melihat ini sidang umum MPR maka ketika dia berbicara itu sebagai ketua MPR jadi menurut saya dia punya hak dan kesempatan yang pantas untuk menyampaikan hal seperti itu," tuturnya.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirajuddin Abbas. Foto: MP/Fadhli

Dalam sidang tahunan MPR di Gedung Nusantara, Zulkifli membeberkan sejumlah kritikan terhadap pemerintah, khususnya masalah utang negara.

Kritikan itu pun ditanggapi politisi pendukung Jokowi berbau oposan karena diketahui PAN yang dipimpinnya secara resmi telah menyatakan dukungan terhadap Prabowo-Sandi di Pilpres mendatang. (Fdi)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH