Kritik Amien Rais pada Pidato Jokowi Amien Rais. (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais mengkritik pidato Visi Indonesia yang disampaikan Presiden Terpilih, Joko Widodo.

Menurut Amien, Jokowi dalam pidatonya sama sekali tidak menyinggung UUD 1945. "Mengapa tidak ada (UUD 1945), cuma ada Pancasila, tapi nggak ada UUD '45-nya," kata Amien Rais kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/7).

Baca Juga: Sesuai Isi Surat, Prabowo dan Amien Rais Adakan Pertemuan Hari Ini

Amien juga menyoroti isu infrastruktur yang disampaikan Jokowi dalam pidatonya. "Kalau infrastruktur terus akan menginvestasikan besar-besaran dan lain-lain," tuturnya.

Amien Rais. (Foto: antaranews)
Amien Rais. (Foto: antaranews)

Amien melanjutkan, terkait peta politiknya jika memang betul untuk kedaulatan pangan, kedaulatan energi, kedaulatan air, memperkuat ketahanan bangsa, perbaikan kekuatan militer, pro kepada rakyat, dan pro terhadap pasal 33 UUD 1945, maka hal tersebut bisa dipertimbangkan jika menginginkan adanya rekonsiliasi

"Tentu kekuatannya seperti terrefleksikan di dalam hasil menurut versi KPU yang didukung oleh MK, paling enggak 55-45 (persen)," ucap Amien.

Baca Juga: Amien Rais Ingatkan Jokowi dan Prabowo Aib Bagi-Bagi Kursi

Namun jika tidak, Amien menyebut itu merupakan kooptasi, dan rekonsiliasi tidak akan terwujud.

"Dan jelas sekali akan memilih sebagai oposisi yang bertanggungjawab, demokratis, terbuka, santun, etis," katanya.

Amien menilai agar sebaiknya partai-partai yang tadinya berada di Koalisi Indonesia Adil Makmur tetap berada di oposisi. (Knu)

Baca Juga: Soal Pertemuan Jokowi-Prabowo, Amien Rais 'No Comment'


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH