Kriteria Capres Menurut Ikatan Pedagang Pasar Tradisional

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 06 Mei 2023
Kriteria Capres Menurut Ikatan Pedagang Pasar Tradisional
Ilustrasi pemilu. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) ikut andil dalam pencalonan presiden dan wakil presiden 2024 mendatang. IKAPPI mempunyai tiga kriteria Capres dan Cawapres yang akan didukung pada Pimilihan Umum (Pemilu) tahun depan.

Kriteria pertama, Capres dan Cawapres harus sering berkunjung ke pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia. Itu kriteria utama bagi presiden dan wakil presiden.

Baca Juga:

PENA 98 Tolak Capres-Cawapres Pelanggar HAM dan Pelaku Politik Identitas

Sekretaris Jenderal DPP IKAPPI, Reynaldi Sarijowan menjelaskan, alasan kriteria tersebut paling utama, karena pihaknya beranggapan presiden Indonesia ke depan minimal harus sama dengan Joko Widodo atau Jokowi.

"Kita tahu bahwa Presiden Jokowi merupakan presiden yang sering berkunjung ke pasar dan yang mendapatkan dukungan pedagang pasar, bahkan melihat persoalan harga bahan pokok langsung di pasar tradisional," paparnya.

Kriteria kedua, calon presiden yang banyak memberikan solusi atas persoalan pasar tradisional.

"Kami melihat calon presiden yang akan datang dapat memberikan solusi atas persoalan pedagang pasar melalui regulasi dan diharapkan dapat merumuskan undang-undang baru yaitu undang-undang perlindungan pasar tradisional yang menjamin bertahannya eksistensi pasar tradisional di indonesia," terangnya.

Untuk kriteria terakhir, Capres dan Cawapres yang dapat melindungi pedagang pasar. Salah satu contoh membuat program untuk permodalan dan pelatihan sumber daya manusia agar pedagang pasar tradisional mampu bersaing dengan banjirnya e-commerce dan gempuran retail modern.

"Ketiga kriteria ini kami umumkan dalam rangka menjaring usulan dari pedagang pasar se-indonesia sembari secara organisasi IKAPPI melaksanakan rapat kerja daerah di kabupaten/kota seluruh indonesia," tuturnya.

Sebagai catatan IKAPPI memiliki jutaan anggota pedagang pasar se-indonesia, memiliki afiliasi pasar tradisional sebanyak 7.679 pasar tradisional yang berinduk terhadap IKAPPI. (Asp)

Baca Juga:

Gerindra Tegaskan Prabowo Tetap Capres

#Capres 2024 #Pemilu 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan